PPDB Jawa Barat 2022

Banyak Orang Tua Siswa Lulusan SMP Jakarta Kesulitan Daftar PPDB SMA/SMK Negeri di Kota Bekasi

Humas SMAN 5 Bekasi, Gapuni tak menampik jika banyak orang tua murid terlebih dari Luar Kota Bekasi yang kebingungan untuk mendaftarkan anaknya

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Istimewa
PPDB 2022/2023 --- Sejumlah kendala masih ditemukan terkait pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jawa Barat 2022 jenjang SMA/SMK Negeri, salah satunya terkait pendaftaran bagi calon peserta didik dari luar Kota Bekasi. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN --- Sejumlah kendala masih ditemukan terkait pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jawa Barat 2022 jenjang SMA/SMK Negeri, salah satunya terkait pendaftaran bagi calon peserta didik dari luar Kota Bekasi.

Seperti yang sempat terjadi di SMA 5 Bekasi, dimana ratusan puluhan orang tua siswa mendatang sekolah tersebut, lantaran kesulitan untuk mendaftar PPDB dari luar Kota Bekasi.

Apalagi letak SMAN 5 Bekasi perbatasan antara Jakarta-Kota Bekasi.

Humas SMAN 5 Bekasi, Gapuni tak menampik jika banyak orang tua murid terlebih dari Luar Kota Bekasi yang kebingungan untuk mendaftarkan anaknya di PPDB tahap pertama ini.

Baca juga: Siap-siap, PPDB Kabupaten Bekasi Digelar 16 Juni Mendatang, Berikut 4 Jalur Penerimaan dan Kuotanya

Baca juga: Aduan Terbanyak Perihal PPDB 2022 Tingkat SMA/SMK: Verifikasi NIK dan Susah Unggah Dokumen

Para orang tua masih bingung terkait kebijakan yang terjadi.

"Jadi orang tua murid masih bingung dan belum siap. Karena awalnya untuk mendapatkan akun, para orang tua murid harus mendaftar dulu secara online. Saat ini bisa langsung ke sekolah yang dituju," kata Gapuni, Senin (6/6/2022).

Diungkapkan oleh Gapuni, bagi orang tua dari luar Kota Bekasi yang ingin mendaftar PPDB 2022.

Maka perlu memperhatikan mekanisme yang harus dipenuhi, diantaranya yaitu wajib menyiapkan dokumen dalam bentuk PDF ketika akan dibawa ke sekolah tujuan.

BERITA VIDEO : KISAH OMAN MENDIRIKAN SEKOLAH DAN MENGAJAR DI TENGAH HUTAN

"Misalnya rapot kan yang dilaporkan dari sementara 1 sampai 5. Nah ini persemester ini satu dokumen gitu. Jadi satu satu jadi PDF. KK jadi PDF itu untuk Permudah dalam mengupload," katanya.

Setelah syarat dokumen diubah dalam bentuk PDF, nantinya pihak panitia PPDB di sekolah akan memasukkan ke dalam sistem untuk mendapatkan akun PPDB 2022.

Terpisah, Kepala KCD Wilayah III Dinas Pendidikan Prov. Jabar, Asep Sudarsono mengatakan saat ini ada perubahan mekanisme pendaftaran bagi calon siswa dari luar kota yang ingin mendaftar PPDB Jawa Barat 2022.

Dimana, sebelumnya untuk mendapatkan akun, calon peserta harus mendaftar sendiri melalui sistem online.

Namun, mekanisme itu ada kendala dari Pusdatin, sehingga terjadi perubahan mekanisme pendaftaran.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved