Berita Jakarta

Kepulauan Seribu Berpotensi jadi Lokasi Wisata Transplantasi Terumbu Karang

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta untuk membenahi wilayah Administrasi Kepulauan Seribu agar mampu meningkatkan daya tarik wisata.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi - Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi melakukan monitoring kunjungan wisatawan di lokasi wisata Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Selasa (3/5/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM — Kepulauan Seribu dinilai berpotensi menjadi lokasi wisata berwawasan lingkungan dengan transplantasi terumbu karang sebagai objek utamanya.

Untuk mewujudkan hal itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta untuk membenahi wilayah Administrasi Kepulauan Seribu agar mampu meningkatkan daya tarik wisata.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, secara prinsip pihaknya menyetujui program kerja Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) untuk melakukan pembenahan terhadap ekosistem laut di Kepulauan Seribu di rencana kerja tahun 2023.

“Diharapkan apabila ini dieksekusi dengan baik, bisa jadi destinasi wisata, sehingga nanti bisa menjadi nilai tambah untuk Kepulauan Seribu,” ujar Ismail dari Fraksi PKS berdasarkan keterangannya, Senin (6/6/2022).

Senada diungkapkan anggota Komisi B Nur Afni Sajim dari Fraksi Demokrat. Afni mendukung transplantasi terumbu karang yang rencananya akan menjadi kegiatan prioritas Dinas KPKP DKI Jakarta pada tahun 2023 dengan anggaran Rp 2,9 miliar untuk 0,76 hektar di kawasan Kepulauan Seribu.

Baca juga: KM Bina Karya Rusak Kemudi di Tengah Laut Saat Antar 140 Penumpang ke Kepulauan Seribu

Baca juga: Banyak Wisatawan Menginap di Kepulauan Seribu, Arus Balik di Pelabuhan Muara Angke Kondusif

Afni meminta Dinas KPKP DKI Jakarta untuk bersinergi dengan Dinas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI dalam mempromosikan destinasi wisata lautnya.

“Terumbu karang ini bisa disinergikan Dinas Pariwisata karena promosi Pulau Seribu itu harus jadi skala prioritas kita di 2023,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati menjelaskan bahwa kegitan transplantasi terumbu karang ini merupakan kegiatan lanjutan yang sempat tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Dia berharap dari 144 hektar yang dikonservasi selama lima tahun kemarin, ikan-ikan sudah mulai banyak dan pemandangan laut sudah mulai pulih.

“Kemudian tahun depan kami akan mulai kegiatan transplantasi karang ini,” ujar Elly.

Baca juga: TransJakarta Sesuaikan Layanan Imbas Perluasan Ganjil Genap di 25 ruas Jalan

Baca juga: Tak Menyesal Menikah di Usia 18 Tahun, Faby Marcelia Justru Merasa Senang

Selain transplantasi terumbu karang, Elly juga menyampaikan akan membuat program prioritas pembinaan terhadap pelaku budidaya rumput laut di wilayah Kepulauan Seribu.

“Kami 2023 selain transplantasi terumbu karang, juga melakukan pembinaan terhadap pembudidaya rumput laut di antaranya Pulau Pramuka, Pulau Tidung Kecil, Pulau Tidung Besar dan Pulau Lancang,” jelasnya. (Wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri)

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved