Berita kesehatan

Obat untuk Penderita Diabetes Efektif Turunkan Berat Badan, Bobot Turun 22 Kg dalam Penelitian

Sebuah obat untuk penderita diabetes tipe 2 ternyata efektif dalam menurunkan berta badan bagi orang tanpa diabetes.

Penulis: AC Pinkan Ulaan | Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa
Sebuah obat untuk penderita diabetes tipe 2 ternyata efektif dalam menurunkan berta badan bagi orang tanpa diabetes. Keterangan foto: (Ilustrasi) 

TRIBUNBEKASI.COM -- Banyak orang sering mengeluh dirinya sulit sekali menurunkan berat badan, yang sudah masuk kategori kelebihan berat badan (overwight) dan obesitas.

Mungkin sebuah penemuan di Amerika Serikat ini bisa menjadi solusi untuk masalah kronis tersebut.

Sebagaimana dilansir CNN, sebuah obat baru yang baru saja mendapat persetujuan dari FDA, BPOM-nya Amerika Serikat (AS), disebut-sebut dapat membantu menurunkan berat badan dalam sebuah penelitian.

Obat itu memiliki nama generik Tirzepatide namun dijual dengan jenama Mounjaro, ditujukan sebagai obat untuk penyakit diabetes tipe 2.

Hanya saja peneliti dari Yale Center for Weight Management tergelitik untuk meneliti kemungkinan obat tersebut juga memiliki manfaat untuk masalah obesitas.

Penelitian itu menggunakan objek orang dewasa yang mengalami masalah kelebihan berat badan namun bukan pengidap diabetes.

Para peneliti kemudian membagi para partisipan penelitian menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mendapat Tirzepatide dosis 5 miligram, sedangkan kelompok lain mendapat 10 miligram dan 15 miligram.

Hasilnya, kelompok yang mendapat dosis 5 miligram mengalami penurunan berat badan rata-rata 16 kilogram (Kg), kelompok yang mendapat dosis 10 miligram rata-rata penurunan berat badannya 22 Kg, dan kelompok 15 miligram rata-rata 23,6 Kg.

Efektif

"Hampir 40 persen peserta kehilangan seperempat dari bobot tubuhnya," kata salah satu peneliti, Dr Ania Jastreboff, dari Yale Center of Weight Management.

"Obesitas tak boleh diperlakukan seperti penyakit kronis lainnya. Harus dengan pendekatan yang efektif dan aman. Penelitian ini menunjukkan bahwa Tirzepatide sesuai dengan pendekatan itu," kata Jastreboff.

Hasil penelitian ini disebutnya sebagai langkah maju dalam pengobatan, serta memberikan opsi bagi orang dengan obesitas.

Sementara Dr Robert Gabbay, CMO dari American Diabetes Association (ADA), menyatakan data dari penelitian itu sangat mengesankan.

Menurut CNN hasil penelitian ini dipresentasikan di ADA Scientific Sessions ke-82 di New Orleans.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved