Timnas Indonesia

Indonesia 7-0 Nepal, Garuda Kembali ke Putaran Final Piala Asia Setelah 16 Tahun jadi Penonton

Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023, setelah menang 7-0 atas Nepal dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Penulis: AC Pinkan Ulaan | Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter AFC Asian Cup
Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023, setelah menang 7-0 atas Nepal dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. 

TRIBUNBEKASI.COM -- Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023, berkat kemenangan fantastis 7-0 atas Nepal, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Hal ini merupakan sejarah baru, mengingat sejak tahun 2007 Timnas Indonesia belum pernah lagi berlaga di putaran final Piala Asia.

Tujuh gol yang dilesakkan skuad Garuda itu membuat Indonesia memiliki 7 selisih gol, sehingga masuk kategori runner-up terbaik.

Sebagaimana dilansir laman PSSI, kualifikasi Piala Asia 2023 ini hanya meloloskan juara grup dan lima runner-up terbaik.

Sementara di Grup A ini Jordania menjadi juara grup dengan 9 poin, dan Indonesia berada di posisi runner-up dengan 6 poin.

Ketujuh gol tersebut dicetak oleh Dimas Drajad, Wita Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino.

Assist Asnawi

Dalam laga terakhir Indonesia di Grup A ini, yang berlangsung di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait, Garuda membuka keunggulan sejak menit 6, di mana Dimas menyambut umpan lambung dengan kepalanya, lalu mengarahkan bola ke celah yang luput dijaga kiper Nepal.

Namun Indonesia baru bisa menambah keunggulan menjelang babak pertama berakhir. Lagi-lagi Asnawi menjadi pemberi assist dengan memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti, dan Witan Sulaeman langsung menyambutnya dan menceploskan bola ke gawang.

Sementara gol ketiga lahir dari situasi sepak pojok di menit 53, di mana Fachrudin menyontek bola liar dengan sisi luar kaki kanannya.

Gol keempat tercipta sekitar 1 menit kemudian lewat kaki Saddil. Pemain klub Sabah FC itu lolos dari jebakan offside, dan memutuskan melakukan tembakan parabola, karena melihat kiper Nepal sudah maju ke depan untuk menghentikannya.

Elkan Baggott menambah pundi-pundi gol Indonesia di menit 80 dengan tembakan dari luar kotak penalti.

Bek klub Ipswich Town ini luput dari perhatian pemain Nepal ketia mengendap-endap mendekati kotak penalti lawan.

Namun Witan melihat kehadiran rekannya itu, dan segera memberikan bola kepada Elkan. Bek Indonesia itu tinggal melakukan tembakan lurus, di mana bola meluncur masuk gawang lewat sisi kiri kiper Nepal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved