Berita Bekasi

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Inilah Persiapan KPU Kota Bekasi

KPU Kota Bekasi juga sudah melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak termasuk Partai Politik yang ada di Kota Bekasi.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi tengah melakukan berbagai persiapan untuk dapat mensukseskan pesta demokrasi, setelah tahapan Pemilu 2024 dimulai sejak 14 Juni 2022 lalu.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan terkait kesiapan yang dilakukan untuk menuju Pemilu 2024 mendatang, hal yang dilakukan adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan beberapa sarana dan prasarana yang ada.

"Terkait persiapan Kita sudah lakukan beberapa persiapan, pertama kalo secara internal kita sudah lakukan konsolidasi, menyiapkan SDM, kemudian sumber daya alat juga ya, karena kan kita juga butuh sarana prasarana," kata Nurul Sumarheni, Rabu (22/6/2022).

Tak hanya melakukan persiapan secara internal, KPU Kota Bekasi juga sudah melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak termasuk Partai Politik yang ada di Kota Bekasi.

Langkah ini, tentunya untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Cari Tahu Kejiwaan Pria yang Tewas di depan Kantor RW, Polisi Periksa Keluarga Korban

Baca juga: Tak Ada Warga yang Kenal Sosok Pria yang Tewas di depan Kantor RW 10 Mangunjaya Indah I

"Kalo untuk keluar kita juga sudah konsolidasi dengan stakeholder terkait  dengan Pemerintah, Forkopimda, calon peserta partai politik. Kita bahkan juga sudah melakukan kunjungan kerja ke beberapa partai politik," katanya.

Selain itu, Pemilu 2024 yang juga berbarengan dengan Pilkada, KPU Kota Bekasi sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kota Bekasi terkait anggaran Pilkada.

Sebab, anggaran Pilkada dibebankan kepada Pemerintah Daerah. 

"Kita sudah komunikasi kan ke Pemerintah Kota dan sudah dibahas, tapi belum fix berapa yang disetujui itu berapa, karena masih proses pembahasan," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Baca juga: Seorang Pria Tewas Tergeletak di depan Kantor RW Perum Mangunjaya Indah I

Baca juga: Bupati Karawang Targetkan Penurunan Angka Stunting Capai 15 Persen di 2023

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, peluncuran tahapan penyelenggaraan diresmikan tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

"Pada malam ini, Selasa, 14 Juni 2022, kalau dihitung dari hari pemungutan suara, hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, konstitusi dan mandat undang-undang mengamanatkan dimulainya tahapan Pemilu 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Selasa (14/6) beberapa waktu lalu.

Dia memastikan Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Pencoblosan Pemilu 2024 sendiri bakal diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Artinya tahapan awal dari pemilu mulai 14 Juni 2022. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved