Ibadah Haji

KBIHU Attaqwa Berangkatkan Jemaah Haji Terbanyak di Kabupaten Bekasi

KBIHU Attaqwa KH Noer Ali berangkatkan 94 jemaah haji pada Ibadah Haji 1443H, yang tergabung dalam Kloter 37 Jawa Barat

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Ponpes Attaqwa
Acara pelepasan jemaah haji KBIHU Attaqwa pada Selasa (28/6/2022), di Masjid Jami' Attaqwa, Ujung Harapan, Bahagia, Kabupaten Bekasi. 

TRIBUNBEKASI.COM, BABELAN -- Kelompok bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHUl Attaqwa KH Noer Ali melepas keberangkatan 94 jemaah haji bimbingan mereka, Selasa (28/6/2022).

Acara pelepasan berlangsung di Masjid Jami' Attaqwa, Ujung Harapan, Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Ke-94 jemaah itu, yang terdiri dari 46 laki-laki dan 48 perempuan, akan berada di bawah bimbingan para dewan guru Ponpes Attaqwa Putra yang berpengalamam, yakni Ustaz Fauzi Toha dan Ustaz Jamhari Majid.

Mereka akan tergabung dalam kloter 37 Jawa Barat.

Acara pelepasan jemaah haji dihadiri langsung oleh Pimpinan Umum Yayasan Attaqwa, KH Irfan Mas’ud. Dalam sambutannya, Irfan menjelaskan bahwa jemaah dari Yayasan Attaqwa yang paling banyak diberangkatkan pada tahun ini dari Kabupaten Bekasi.

"Alhamdulillah, menurut kepala Kemenag Kabupaten Bekasi, rombongan jemaah haji Attaqwa ini adalah yang terbanyak di Kabupaten Bekasi," ujar Irfan.

Tauhid dan takwa

Dia juga mengingatkan para jemaah akan niat dan tujuan berhaji, yaitu menguatkan ketauhidan dan ketakwaan kepada Allah, sehingga predikat haji mabrur atau mabrurah bisa disandang ketika kembali ke Tanah Air.

Ditambahkannya, meskipun haji adalah ibadah fisik, tetapi di balik hal itu sesungguhnya tersimpan pesan-pesan simbolik, yang jika dipahami dan dilaksanakan dengan benar bisa mengantarkan kepada kesempurnaan Haji.

"Misalnya thawaf yang melambangkan peleburan diri dalam kepatuhan kepada Allah, atau Tahallul yang menyimbolkan pengguguran dosa menuju kedamaian. Tempat-tempat yang menjadi ajang pelaksanaan ibadah haji pun sarat dengan pesan-pesan simbolik," kata Irfan.

Di akhir sambutannya Irfan mendoakan agar para jemaah diberi kesehatan dan kekuatan sehingga bisa menjalankan seluruh rangkaian prosesi haji dengan hikmat dan selamat.

Rombongan ini dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada 8 Agustus 2022.

Sebagaimana dilansir laman Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), kasus Covid-19 di Arab Saudi tengah meningkat.

Hal ini menjadi kewaspadaan bagi otoritas haji Indonesia, mengingat hingga Jumat (24/6) sudah 65.134 orang jamaah haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Suci.

Halaman
123
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved