Berita Bekasi

Jelang HUT Ke-72 Kabupaten Bekasi, Pemkab Bekasi Gelar Lomba Kampung Bersih, Ini Harapan Bupati

Dani Ramdan mengatakan, permasalahan sampah, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72, Pemkab Bekasi menggelar 'Lomba Kampung Bersih Makin Berani yang digelar hingga ke tingkat RW. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar 'Lomba Kampung Bersih Makin Berani' yang digelar hingga ke tingkat RW.

Kick off pelaksanaan lomba telah dilakukan seiring dengan diterbitkannya Surat Edaran No : BD.06.07/SE-48/DLH tertanggal 30 Juni 2022, yang ditujukan kepada para kepala perangkat daerah, para camat, para lurah dan kepala desa se-Kabupaten Bekasi.

Dalam surat edaran itu Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menginstruksikan kepada kepala perangkat daerah, agar turut serta dalam pelaksanaan gerakan gotong royong tersebut dan berkoordinasi dengan camat, dimana lokasi pelaksanaan disesuaikan dengan Liaison Officer (LO) penanganan Covid-19.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-76 Bhayangkara, Polres Karawang Gelar Kejuaraan Tenis Meja Kapolres Cup

Baca juga: Jelang Pensiun Gubernur Anies Ganti Penamaan HUT Jakarta jadi Jakarta Hajatan

"Kepada para camat agar mengkoordinir dan memastikan kegiatan dilaksanakan, serta melakukan penilaian terhadap seluruh desa atau kelurahan yang berada di wilayah kecamatan masing-masing," kata Dani saat dikonfirmasi, Selasa (5/7/2022).

Dani Ramdan mengatakan, permasalahan sampah, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, dalam hal ini Dinas Kebersihan atau Dinas Lingkungan Hidup saja, tetapi juga tanggung jawab bersama.

Pihaknya juga telah membentuk tim penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani untuk periode 1-10 Agustus 2022 dengan kategori diantaranya adalah kebersihan, keindahan, serta ketertiban dan keamanan.

Hasil penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani akan diumumkan pada tanggal 15 Agustus 2022 bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Bekasi ke-72.

Dani juga meminta kepada para Lurah atau Kepala Desa agar mengkoordinir dan memastikan kegiatan dilaksanakan, serta melakukan penilaian terhadap lingkungan kampung atau Rukun Warga (RW) di wilayah kerja desa atau kelurahan masing-masing.

"Dalam lomba ini, semua RW akan kita nilai, termasuk perumahan juga. Untuk penilaiannya terdiri dari empat aspek, yaitu kebersihan, keindahan, ketentraman dan keamanan. Untuk penilaian tingkat desa, kita libatkan Pemdes, Bimaspol, Bhabinsa dan PKK tingkat desa, dan untuk tingkat kecamatan kita libatkan, camat, Kapolsek, Danramil dan PKK tingkat kecamatan," ujarnya.

BERITA VIDEO : WAWANCARA KHUSUS: DANI RAMDAN PJ BUPATI BEKASI

Para kepala desa dan lurah juga diminta menampung sampah yang telah dikumpulkan, dan berkoordinasi dengan UPTD Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup di wilayahnya untuk diangkut ke TPA Burangkeng.

"Dengan diadakannya lomba kebersihan ini, kami berharap jumlah sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, bisa dikurangi, dan jumlah sampah yang dibuang ke sungai juga bisa di hilangkan, karena di tingkat RT/RW sudah diolah, melalui proses 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle," ungkapnya. 

 


 

 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved