Berita Bekasi

Jadwal AFF U-19 Padat, Perawatan Rumput Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi Kurang Maksimal 

Dalam pertandingan Piala AFF U-19 itu, pengelola hanya memiliki jeda waktu satu hari untuk melakukan perawatan sebelum pertandingan kembali bergulir.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
Tribun Bekasi/Rangga Baskoro
Menjelang laga Grup A Piala AFF U-19 2022, antara Vietnam lawan Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022), pemain kedua tim melakukan pemanasan. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN — Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi Zarkasih tak menampik jika perawatan rumput Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi kurang maksimal di tengah padatanya jadwal pertandingan Piala AFF U-19.

Apalagi dalam pertandingan Piala AFF U-19 itu, hanya memiliki jeda waktu satu hari sebelum pertandingan kembali bergulir. Sementara kondisi rumput tidak bisa langsung dalam kondisi baik dengan jeda waktu sesingkat itu.

"Sebetulnya perbaikan rumput kurang maksimal dengan jeda pertandingan 1 hari saja. Karena tidak mungkin satu hari rumput langsung tumbuh," kata Zarkasih, Rabu (6/7/2022).

Diungkapkan Zarkasih, meski hasil perawatan rumput kurang dengan jeda waktu pertandingan. Namun, pihaknya mengaku tetap akan mengoptimalkan perawatan rumput Stadion pascapertandingan atau selesai digunakan.

"Kita cuma berusaha semaksimal mungkin, dengan peralatan yang ada, ketika di hari libur pertandingan kita tapping, kita siram agar lebih maksimal lagi," katanya.

Baca juga: KPK Kirim Penyuap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Lai Bui Min, ke LP Sukamiskin

Baca juga: Opsi Perluasan TPA Burangkeng, Pemkab Bekasi Berencana Relokasi Warga

Perawatan rumput akan dimaksimalkan setelah Piala AFF U-19 selesai bergulir, apalagi Piala AFF U-16 akan digelar pada 31 Juli hingga 13 Agustus 2022. Sementara Stadion Patriot Bekasi menjadi salah satu venue yang digunakan.

"Perawatan itu abis AFF ini, itu ada break antara U-19 dan U-16 nah itu kita maksimalkan untuk memperbaiki rumputnya," ucapnya.

Hasilkan PAD

Sebelumnya diberitakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi, Zarkasih mengatakan pendapatan dari seluruh Pertandingan Piala AFF U-19 Championship yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi mencapai Rp. 1,4 miliar.

Jika merujuk Peraturan Wali Kota nomor 51 tahun 2019 tentang penyesuaian tarik retribusi sewa pemakaian sarana olahraga untuk pertandingan Internasional, penyewaan Stadion Patriot Candrabhaga senilai Rp 98 juta per hari. 

Mengacu pada jadwal pertandingan Piala AFF U-19 Championship 2022 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, setidaknya ada 15 pertandingan hingga Final nanti.

Baca juga: Dua Petinggi Kripto Angel Token Sudah Diperiksa, Angel Lelga Masih Merasa Kecewa, Apa Sebabnya?

Baca juga: Diduga Langgar Aturan, Kemensos Cabut Ijin Penyelenggaraan PUB Yayasan Aksi Cepat Tanggap

Artinya, kata Zarkasih, jika dikalikan jumlah pertandingan maka ada sebanyak Rp 1,4 miliar lebih yang bakal diterima Pemerintah Kota Bekasi.

"Pendapatan selama Timnas Indonesia yakni Rp 1.4 miliar itu semuanya nah tinggal dibagi aja setiap pertandingannya itu yang didapatkan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Zarkasih, Rabu (6/7/2022).

Diungkapkan oleh Zarkasih, jumlah biaya sewa sarana olahraga di Piala AFF U-19 Championship 2022 itu sudah meliputi sesi latihan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved