Berita wisata

Mulai 17 Juli besok Bepergian Naik Kereta Api Jarak Jauh Wajib Tunjukan Hasil Negatif Tes Covid-19

Mulai Minggu (17/7/2022) calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) harus menunjukkan hasil tes Covid-19 yang menunjukkan negatif Covid-19.

Warta Kota/Alfian Firmansyah
Mulai Minggu (17/7/2022) calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) harus menunjukkan hasil tes Covid-19 yang menunjukkan negatif Covid-19. Keterangan foto: (ilustrasi) Suasanan Stasiun Pasarsenen 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA - Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, terutama di kawasan Jabodetabek, membuat protokol bepergian kembali diperketat.

Salah satunya adalah kembalinya syarat tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan antarkota. Salah satunya di angkuta kereta api.

Mulai 17 Juli 2022 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen, meskipun dia sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster).

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan, aturan tersebut berlaku untuk penumpang usia di atas 17 tahun.

Hal ini sesuai dengan surat edaran (SE) terbaru dari Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

"Untuk mendukung kebijakan Pemerintah di perjalanan KA yang aman dan sehat di masa pandemi Covid-19," ujar Eva dalam keterangannya, Jumat (15/7/2022).

PT KAI Daop 1Jakarta menyediakan layanan antigen di Stasiun Gambir, yang mulai beroperasi pukul 06.00 hingga 22.00, dan Stasiun Pasar Senen mulai pukul 05.00 hingga 22.00.

“Layanan antigen di Stasiun Gambir dan Pasarsenen memiliki tarif Rp35.000, dan untuk perjalanan KA bukti antigen berlaku 1×24 jam,” tutur Eva.

Eva menjelaskan, bila saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif, maka dia tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan. PT KAI akan mengembalikan uang pembelian tiket 100 persen secara tunai.

“Proses pengembalian akan dibantu oleh petugas,” tutup Eva.

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved