Cuaca Karawang

Prakiraan Cuaca Karawang Besok Selasa 19 Juli 2022, Diprediksi Hujan, BPBD Minta Masyarakat Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Kabupaten Karawang mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan bersiaga.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
BMKG Jawa Barat
Karawang diprakirakan akan diguyur hujan pada Selasa (19/7/2022) sampai Kamis (21/7/2022). Karena itu pihak BPBD Karawang meminta masyarakat waspada. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat memperkirakan wilayah Karawang bakal diguyur hujan besok Selasa (19/7/2022).

Bahkan, hujan akan terus mengguyur hingga tiga hari kedepan.

Merujuk informasi BMKG tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Kabupaten Karawang mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan bersiaga.

 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, berdasarkan prospek cuaca dari BMKG, prakiraan kondisi global, regional, dan model probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dalam skala lokal terdapat di sebagian kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat terutama bagian tengah dan selatan untuk sepekan ke depan.

“Potensi hujan sangat lebat hingga ekstrem yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Karawang pada Selasa (19/7/2022), Rabu (20/7/2022), dan Kamis (21/7/2022),” ujarnya saat dikonfirmasi pada Senin (18/7/2022).

Untuk mengantisipasi bencana alam akibat cuaca ekstrem, lanjut Yasin, pihaknya mengimbau warga Karawang selalu meningkatkan kewaspadaan di sekitar tempat tinggal seperti jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Baca juga: Info Terkini Prakiraan Cuaca Bekasi, Senin 18 Juli 2022, Pagi Ini Hingga Sore Cerah dan Berawan

Baca juga: BPBD Kota Bekasi Imbau Warga di Bantaran Kali Bekasi Waspada karena Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut

“Kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari. Kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya,” tuturnya.

Dia menambahkan, sejumlah lokasi rawan banjir diantaranya Karangligar Telukjambe, BMI Cikampek, Purwasari, Cilamaya, Rengasdengklok.

Dijelaskannya hujan deras yang terjadi pada Sabtu (16/7/2022) hingga meluapnya sungai Cibeet dan Cidawolong membuat terdampak.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved