Timnas Indonesia

Ketum PSSI ingin Lawan dari Conmebol Peringkat FIFA 80-100 untuk FIFA Match Day, Apakah itu Bolivia?

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menginginkan Indonesia bermain dengan lawan berperingkat FIFA 100 ke bawahh di FIFA Match Day bulan September.

Dok. PSSI.org
Timnas Indonesia akan melakoni dua laga FIFA Match Day pada September nanti, dan salah satu lawannya berasal dari Amerika Selatan. Keterangan foto: (ilustrasi) Tiga pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (14), Egy Maualana Vikri (10), dan Witan Sulaeman (8) terlihat meluapkan kegembiraan. Pada pertandingan leg kedua, Semifinal Piala AFF 2020, di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/20210) malam Timnas Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 melalui babak perpanjangan waktu. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia masih memiliki jatah dua laga persahabatan FIFA, yang kerap disebut FIFA Match Day.

Kedua laga tersebut akan dilangsungkan di Indonesia, dengan lawan dari berbagai benua alias tidak terbatas zona konfederasi.

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menyampaikan bahwa 1 dari 2 negara tersebut bersal dari zona Conmebol alias anggota konfederasi sepak bola negara-negara Amerika Selatan.

Di atas peringkat 100

"Salah satunya negara Amerika Latin, itu yang pasti. Mainnya di Indonesia. Saya minta rankingnya (angkanya) di bawah 100, 80-100, sehingga nanti kita bisa mengukur kekuatan kita," ujar Mochamad Iriawan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Selasa (19/7/2022).

Untuk informasi, konfederasi Conmebol beranggotakan 10 negara, yakni Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Colombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, Venezuela.

Dari ke-10 negara ini, semuanya memiliki ranking FIFA di atas 100.

Bila merujuk ke permintaan Ketua PSSI antara ranking 80-100, maka satu-satunya negara yang berada di peringkat itu adalah Bolivia, yang saat ini berada di peringkat 81.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyatakan satu negara yang sudah menjalin komunikasi dengan PSSI adalah Maladewa.

"Sudah dapat salah satu negara, Maldives atau di bawah itu. Mereka sudah kontak, tinggal satu lagi dicari. Saya minta rankingnya jangan dekat sama kita, percuma dong (kalau dekat)," katanya.

Pemain naturalisasi

Terkait dengan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, yang akan memperkuat skuad Garuda pada FIFA Matchday mendatang, menurut Iwan Bule kedatangan kedua pemain naturalisasi ke tubuh Timnas Indonesia akan meningkatkan kualitas permainan skuad Garuda.

"Mudah-mudahan nanti Jordi sama Sandy sudah bergabung. (Prosesnya) sudah di Presiden, tinggal ke DPR. Mereka bisa gabung dengan kita nanti lebih kuat lagi," ujar Iwan Bule.

"Makanya saya ingin friendly match dengan ranking di bawah 100, saya minta 80-100," lanjutnya.

Rencananya pertandingan tersebut akan bergulir di Indonesia pada 18-27 September mendatang. (M39)

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved