Kisah Inspiratif

Intip Proses Pembuatan Lukisan Piring di Bekasi, Bisa Pesan Buat Hiasan dan Kado Pernikahan

Pria yang karib disapa Dian ini, memang memiliki cara unik untuk menjajakan hasil karya seni lukis tangan dengan menggunakan media piring.

Penulis: Yolanda Putri Dewanti | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Bagus Dian Margian atau karib disapa Dian, pelukis piring asal Bekasi saat ditemui Wartakotalive.com di Kavling Al-Ikhlas, Jalan Rawa Bugel, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. 

TRIBUNBEKASI.COM, MARGAMULYA --- Bagus Dian Margian (35), seniman pelukis piring asal Bekasi ini mengaku hasil karyanya kerap kali dijadikan sebagai kado dan hiasan pernikahan.

"Iya pelanggan sering kali memesan untuk memberikan orang terkasih sebagai kado maupun hiasan pernikahan," ucapnya saat ditemui Wartakotalive.com di kediamannya di Kavling Al-Ikhlas, Jalan Rawa Bugel, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, belum lama ini.

Pria yang karib disapa Dian ini, memang memiliki cara unik untuk menjajakan hasil karya seni lukis tangan dengan menggunakan media piring.

Bermodalkan meja kecil, satu set pensil warna, dan lampu belajar sederhana ruang depan rumah kontrakannya dijadikan tempat dia menghasilkan karya lukis.

Terdapat juga dua buah kipas angin berukuran besar dan kecil, yang digunakannya untuk menemani proses pembuatan lukisan agar tak merasa kegerahan.

Adapun seni lukis dengan media piring ini awalnya dia buat karena tak sengaja. Ia ingin menjajakan karyanya melalui media helm.

Baca juga: Sempat Dituduh Palsu, Peminat Lukisan Piring Karya Bagus Dian Margian Ternyata Sampai ke Mancanegara

Baca juga: Berawal dari Hobi, Melukis di Piring Jadi Mata Pencaharian Bagus untuk Nafkahi Anak Semata Wayangnya

Namun, rencana itu batal lantaran menganggap minim peminat, lalu kurang cocok jika hanya dijadikan panjangan.

"Lalu saya memutar otak dan mencoba melukis di atas sebuah piring melamin putih dari dapur dan akhirnya memasarkannya di media sosial," tambah Dian.

Untuk menghasilkan karya lukis yang halus dan bagus, berikut beberapa langkah yang dilakukan ayah satu anak ini.

BERITA VIDEO : KISAH SENIMAH PELUKIS PIRING DI BEKASI

Pertama-tama, permukaan piring diampelas untuk memudahkan sketsa.

Alat yang digunakan cukup bermodal pensil warna, setelah gambar rampung, piring akan disemprot cairan pernis agar lebih halus.

Untuk proses pengerjaan, Dian menjelaskan, satu piring membutuhkan waktu sekitar empat sampai lima jam.

"Dalam sehari itu saya bisa menyelesaikan dua lukisan, masing-masing lukisan saya kerjakan empat sampai lima jam," ungkap Dian.

Halaman
12
Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved