Berita Bekasi

Puluhan Siswa SD di Tambun Selatan Belajar Lesehan, Disdik Bakal Kirim Meja Kursi dari Sekolah Lain

Tidak hanya untuk SDN Mekarsari 05, namun juga SDN lain yang pengerjaan pembangunannya telah rampung.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Tribun Bekasi/Rangga Baskoro
Siswa kelas 3, 4, 5 SDN Mekarsari 05 Kabupaten Bekasi mengikuti pelajaran dengan duduk di lantai, karena sekolahnya kekurangan bangku dan meja. 

TRIBUNBEKASI.COM, TAMBUN SELATAN --- Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi telah mengetahui informasi adanya puluhan siswa di SDN Mekarsari yang duduk di lantai saat kegiatan belajar mengajar (KBM) digelar di sekolah.

Dalam waktu dekat, kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Carwinda, pihaknya akan meminjam meja dan kursi cadangan dari SD lain sehingga murid-murid bisa belajar secara laik.

"Kemudian kami sudah antisipasi, akan kami dorong meja dan kursi dari SD lain yang tidak digunakan," ungkap Carwinda saat dikonfirmasi, Kamis (28/7/2022).

Sedangkan rencana jangka panjangnya, Disdik telah mengajukan pengadaan pembelian meja dan kursi baru.

Tidak hanya untuk SDN Mekarsari 05, namun juga SDN lain yang pengerjaan pembangunannya telah rampung.

"Kami pengadaan kursi dan bangku baru bukan hanya untuk sekolah SDN Mekarsari 05 saja, ada juga yang lain, jadi saya tidak hapal berapa jumlahnya secara spesifik. Semua untuk sekolah yang baru dibangun," katanya.

Baca juga: Tak Ingin Siswa Cemas saat Belajar, 300 Gedung Sekolah Rusak di Kabupaten Bekasi Segera Diperbaiki

Baca juga: Plt Bupati Bekasi Sebut Perbaikan Sekolah Rusak jadi Program Utama Pemkab Bekasi APBD 2022 

Terkait jumlah meja dan kursi yang nantinya akan diberikan kepada SDN Mekarsari 05, Carwinda menjelaskan jumlahnya baru akan diketahui setelah proses peminjaman barang inventaris dari sekolah lain, telah selesai.

"Jumlahnya tergantung dari berapa meja dan kursi yang dipinjamkan ke sekolah tersebut dari sekolah lain. Tinggal lihat nanti berapa sisa meja dan kursi yang kurang," tutur Carwinda. 

BERITA VIDEO : IRONI, GEDUNG SEKOLAH BARU TANPA MEJA DAN KURSI

Berdalih akibat tertimpa bangunan sekolah lama

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi angkat suara terkait kondisi siswa di SDN Mekarsari 05 yang duduk di lantai saat belajar di dalam kelas akibat tak adanya meja dan kursi.

Kepala Disdik Kabupaten Bekasi Carwinda menjelaskan SD yang terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan tersebut, roboh sebelum direhabilitasi oleh pihaknya.

Hal tersebut mengakibatkan sejumlah kursi dan bangku rusak akibat tertimpa material gedung.

"Begini, Jadi SDN 05 kemarin mendapatkan rehabilitasi total kebetulan memang bangku yang lama rusak kena gedung lama yang waktu itu roboh," ungkap Carwinda saat dikonfirmasi, Kamis (28/7/2022).

Namun demikian, disdik tak responsif untuk langsung melakukan pengadaan sehingga ketika pengerjaan gedung baru telah rampung, pihak sekolah belum memiliki meja dan kursi.

Merespons hal itu, Carwinda berdalih pihaknya akan sesegera mungkin melakukan pengadaan pembelian mebel, tak hanya untuk SDN Mekarsari 05 saja.

"Kami sudah mempersiapkan pembelian, sekarang sudah dalam proses, belum selesai karena perlu ada hal teknis yang belum diselesaikan berkaitan dengan harga dan lainnya. Sudah kami siapkan dalam e-katalog," ucapnya.

Sebelumnya, puluhan siswa di SDN Mekarsari 05, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, harus duduk di lantai saat proses KBM berjalan di dalam kelas. Hal itu dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana meja dan kursi. 


 
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved