Berita Bekasi

Seniman Kabupaten Bekasi Masih Minim Ruang Berekspresi, Ini Harapan Pelukis Onin Sonani

Terlebih lagi terdapat beberapa seniman lain yang hanya menggantungkan hidupnya dari mengikuti pameran-pameran seni lukis. 

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka saat melihat pameran seni lukis di Museum Gedung Juang. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG -- Seorang seniman bernama Onin Sonani mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memperbanyak ruang kepada para seniman untuk bisa menuangkan ekspresinya.

Onin beralasan selama ini dukungan yang diberikan pemerintah daerah dinilainya masih minim, terlebih lagi setelah perekonomian sedang dalam masa pemulihan.

"Ya sebenarnya kami dirangkul dengan baik, tapi untuk memimpin digelarnya sebuah pameran saja butuh waktu yang sangat panjang, maka kami rangkul juga pak Wakil DPRD Kabupaten Bekasi untuk bantu dorong," ucap Onin saat ditemui di Museum Gedung Juang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (1/8/2022).

Oleh sebab itu, ia bersyukur pada akhirnya pameran seni lukis yang melibatkan komunitas dari Seniman Kabupaten Bekasi, kembali diselenggarakan setelah dua tahun pandemi.

"Bahkan banyak yang bilang ke saya kenapa enggak diajak, saya bilang karena tempatnya terbatas. Ya semoga ini jadi momentum sehingga ada pameran-pameran berikutnya," ujarnya.

Terlebih lagi terdapat beberapa seniman lain yang hanya menggantungkan hidupnya dari mengikuti pameran-pameran seni lukis. 

Baca juga: Keresahan Para Seniman Karawang Terjawab Sudah, Pemkab Bakal Bangun Gedung Creative Center

Baca juga: Seniman TIM Keluhkan Jakpro yang Dinilai Tak Konsisten dengan Hasil FGD

"Alhamdulillah kalau saya dan teman-teman ada pekerjaan lain. Tapi ada juga yang memang hidupnya dicurahkan untuk jadi seniman murni. Kepada mereka-mereka ini yang saya harap bisa lebih dirangkul lagi oleh pemda," kata Onin.

Seniman lain bernama Syahbuddin Yusuf menambahkan diadakannya pameran seni lukis bisa mengedukasi masyarakat Kabupaten Bekasi untuk menghargai sebuah karya seni.

"Harus diakui bahwa masih banyak masyarakat yang belum memahami cara untuk menghargai karya seni. Itu jadi salah satu visi misi kamu agar kesadaran seni masyarakat semakin naik kelas," ucap Yusuf. 

BERITA VIDEO : LUISAN SENIMAN BEKASI BERHASIL DILELANG RP 5 MILIAR

Dilelang seharga Rp 5 miliar

Puluhan lukisan hasil karya seniman lokal Kabupaten Bekasi dipentaskan dalam pameran Bulan Bung Karno 121 di Museum Gedung Juang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, 1-4 Agustus 2022.

Selain bisa dinikmati, lukisan tersebut juga dijual kepada masyarakat yang mengagumi seni gambar hasil tangan para seniman yang tergabung dalam Komunitas Seniman Kabupaten Bekasi.

Salah satu karya termahal yang dipanjang pada pameran itu adalah lukisan berjudul 'Jangan Tanyakan Siapa yang ke-8'.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved