Berita Nasional

IKA ELITS Gelar Charity Golf untuk Pengadaan Listrik Berkelanjutan di Wilayah Pascabencana

Menteri Sosial Tri Rismaharini, datang untuk membuka charity golf yang berlangsung Royale Jakarta Golf Club di lingkungan Halim Perdanakusuma.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Mensos Risma, bersama Ketua IKA ELITS Faizal R. Djoemadi, serta Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono usai melakukan shotgun sebagai penanda dimulainya turnamen golf, baru-baru ini. 

TRIBUNBEKASI.COM — Ikatan Alumni Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ELITS) mulai bergerak untuk merealisasikan bantuan bagi korban bencana alam dan warga di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terpencil).

Berawal dari bencana banjir pada Maret 2019, korban bencana banjir bandang di Sentani Papua, yang menelan cukup banyak korban jiwa dan membuat ribuan warga kehilangan tempat tinggal.

Pascabencana banjir bandang, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan rehabilitasi para korban, termasuk merelokasi warga yang kehilangan tempat tinggal.

Kemensos menyediakan rumah tinggal bagi 76 Kepala Keluarga (KK) yang berlokasi di Distrik Doyo, Sentani, Papua.

Hunian tersebut dilengkapi Community Center, fasilitas usaha pertanian, dan peternakan guna memastikan keberlanjutan hidup di lokasi baru ini.

Baca juga: Selesai Diperiksa Bareskrim 7 jam, Irjen Ferdy Sambo Percayakan Kepada Timsus Bentukan Kapolri

Baca juga: Menparekraf Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja Lewat Pariwisata Berkualitas di Bengkulu  

Meski telah disediakan hunian, warga belum mendapatkan pasokan listrik.

Dari sinilah Alumni Elektro ITS yang tergabung dalam IKA ELITS merasa terpanggil untuk bisa berkontribusi sesuai dengan bidang ilmu yang telah dipelajari di kampus, yaitu dengan rencana membangun Sistem Listrik Tenaga Surya yang dirasa merupakan solusi paling efektif dan memungkinkan untuk dibangun di lokasi. 

Dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya ini, listrik yang dihasilkan menjadi gratis dan dapat berkesinambungan serta tidak memberatkan pengeluaran bulanan para calon penghuni. 

IKA ELITS pun segera menginisiasi program penyediaan listrik green energy melalui panel listrik tenaga surya.

Untuk mewujudkan kontribusi tersebut, IKA ELITS mengadakan kegiatan Charity Golf Tournament yang akan digunakan untuk menggalang dana. 

Baca juga: Bayar Ziswaf ke Istiqlal Global Fund Kini Bisa via Pospay

Baca juga: Sambangi Kota Padang Panjang, News Director Tribun Network Ajak Wali Kota Fadly Amran Ngevlog 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved