Berita Regional

Kwarda Jawa Barat Kirim 558 Kontingen Pramuka ke Jambore Nasional XI/2022 

Uu Ruzhanul mengajak masyarakat khususnya warga Jawa Barat untuk memberikan doa kepada para Pramuka terbaik yang di kirim ke Jambore Nasional XI/2022

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat kegiatan pelepasan Kontingen Pramuka Kwartir Daerah Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung. 

TRIBUNBEKASI.COM, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengirimkan sebanyak 558 pramuka ke Jambore Nasional XI/2022 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, pada 14 - 21 Agustus 2022.

Kegiatan pelepasan Kontingen Pramuka Kwartir Daerah Jabar dilakukan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum secara langsung di Gedung Sate, Kota Bandung.

Dalam kesempatan itu, Uu Ruzhanul mengajak masyarakat khususnya warga Jawa Barat untuk memberikan doa kepada para Pramuka terbaik yang di kirim ke Jambore Nasional XI/2022, agar dapat mengharumkan nama Jabar di kancah Nasional.

"Kita mewakili Jawa Barat oleh karena itu kita meminta kepada masyarakat Jawa Barat meminta doa restu sehingga Jawa Barat berkibar di kancah Nasional, Jawa Barat selalu terdepan masa Pramuka tidak  bisa terdepan," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Sebagian banyak orang mungkin menganggap jika Pramuka hanya sebatas bagian dari ekstra kulikulier di Sekolah. Namun, Uu Ruzhanul menekankan jika Pramuka memiliki makna yang luar biasa, sebab Pramuka di dalamnya mengajarkan pendidikan kontekstual.

Baca juga: TPA Jalupang Karawang Overload, Gunungan Sampah Sudah Setinggi 15 Meter

Baca juga: Menikmati Suasana Pulau Dewata di Kampung Bali, Ada di Bekasi Utara 

Baca juga: Lowongan Kerja Bekasi: Perusahaan PMA Bidang Die Casting Otomotif Butuh Operator Maintenance Mold

"Karena seseorang ingin menjadi karakter yang hebat menjadi pribadi yang bagus itu bukan hanya tekstual saja, tapi juga kontekstual. Nah di Pramuka ini ada kontekstual yang dilaksanakan, seperti bagaimana gotong royong yang baik, disiplin, menumbuhkan keberanian," katanya.

Uu berharap jika kegiatan Pramuka sendiri tidak hanya ramai menjadi sorotan ketika saat Jambore saja. Melainkan juga harus eksis di setiap sekolah.

Sebab menurut Uu hal ini sangat baik untuk membangun kebersamaan terhadap guru Pramuka dengan guru yang lain.

"Terakhir saya harap gerakan pramuka ini tidak hanya ramai di saat Jambore, tapi harus tetap dilaksanakan di tiap sekolah," ucapnya. 

Seperti diketahui, jika  558 pramuka anggota Kontingen Jabar terdiri dari 240 putra dan 240 puteri. Ditambah anggota pramuka berkebutuhan khusus sebanyak empat orang, dua putra dan dua putri.

Sementara pembina pendamping 60 orang, pembina pendamping peserta pramuka berkebutuhan khusus ada empat orang. Ditambah pimpinan kontingen ada 10 orang termasuk satu dokter kontingen. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved