Penembakan Brigadir J

Polisi Libatkan Brimob saat Penggeledahan Rumah Pribadi Irjen Ferdy Sambo, Apa Alasannya?

Pasukan Brimob juga dikerahkan untuk mengawal penggeledahan yang terkait kasus penembakan Brigadir J di dua lokasi lainnya.

Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Ramadhan LQ
Tim khusus (timsus) selesai menggeledah kediaman Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (10/8/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM— Mabes Polri melibatkan personel Brimob Polri bersenjata lengkap dalam penggeledahan di rumah pribadi mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022) kemarin.

Seperti diketahui, Korps Brigade Mobil atau sering disingkat Korps Brimob adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter dan salah satu unit yang tertua milik Polri. 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa pelibatan Brimob berdasarkan permintaan dari penyidik Tim Khusus (timsus) yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

"Ya, permintaan dari timsus penyidik timsus yang memimpin langsung penggeledahan tersebut," kata Irjen Dedi Prasetyo, Rabu (10/8/2022).

Selain di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, kata Irjen Dedi Prasetyo, pasukan Brimob juga dikerahkan untuk mengawal penggeledahan yang terkait kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di dua lokasi lainnya. 

Baca juga: Bakal Tampil di Konser Indra Lesmana, Kaka Slank Aransemen Ulang Lagu Belasan Tahun Lalu

Baca juga: Kabareskrim Komjen Agus Andrianto Sentil Kuasa Hukum Baru Bharada E karena Bocorkan Penyidikan

Baca juga: Seorang Pengendara Motor Tewas Akibat Bertabrakan dengan Truk Sampah Pemkot Bekasi di Bantagebang

"Itu diskresi dari penyidik. Kalau penyidik melihat hal seperti itu ya penyidik menilai seperti itu penyidik meminta bantuan untuk back up pengamanan dalam proses penggeledahan," tukas Irjen Dedi Prasetyo.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

"Sore hari ini saya akan menyampaikan perkembangan terbaru tindak pidana di Duren Tiga, ini komitmen kami penekanan bapak Presiden untuk mengungkap secara cepat," kata Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa (9/8/2022) malam.

"Kami tetapkan 3 TSK Re, RR dan KM, tadi pagi dilaksanakan gelar perkara. dan Timsus telah memutuskan untuk menetapklan FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Peran Ferdy Sambo dan Tiga Tersangka Lain

Timsus Kapolri mengungkap peran empat tersangka dalam dugaan kasus pembunuhan terhadap Brigadir Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyampaikan bahwa tersangka Bharada E adalah pelaku penembakan terhadap Brigadir J.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kapolri Sebut Irjen Ferdy Sambo Jadi Otak Pembunuhan Brigadir J, Terancam Hukum Mati

Baca juga: Ahmad Marzukih Eks Persija Jakarta Gabung Persipasi Kota Bekasi, Matang Pengalaman di Liga 3

Sementara itu, tersangka Brigadir Ricky dan KM diduga turut membantu saat kejadian.

"Bharada RE telah melakukan penembakan terhadap korban. Tersangka RR turut membantu dan menyaksikan penembakan korban, KM turut membantu dan menyaksikan penembakan terhadap korban," kata Komjen Agus Andrianto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Komjen Agus Andrianto menuturkan bahwa tersangka Ferdy Sambo diduga merupakan pihak yang meminta Bharada E menembak Brigadir J.

Irjen Ferdy Sambo juga yang membuat skenario seolah-olah kasus itu merupakan kasus tembak menembak.

"Irjen Pol FS menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah-olah terjadi peristiwa tembak menembak di rumah dinas Irjen pol Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga," pungkasnya. (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved