Berita Bekasi

Anggaran Pilkada 2024 Kabupaten Bekasi untuk KPU sebesar Rp117,5 miliar

Pemkab Bekasi anggarkan Rp117,5 miliar bagi KPU Kabupaten Bekasi, untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Rangga Baskoro
Rapat kerja pembahasan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dalam Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023. 

TRIBUNBEKASI.COM, KEDUNGWARINGIN -- Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bekasi menggelar rapat kerja dengan unsur penyelenggara Pemilu, membahas anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dalam Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023.

Rapat dihadiri oleh Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), beserta Anggota DPRD Kabupaten Bekasi.

Kepala Bakesbangpol, Juhandi, mengatakan pihaknya bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah melakukan kajian terkait pengajuan hibah anggaran Pilkada 2024 yang disampaikan oleh KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi.

"Berdasarkan kajian TAPD maka dialokasikan anggaran kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah 2024 untuk KPU sebesar Rp117,5 miliar dan Bawaslu sebesar Rp18 miliar," kata Juhandi, yang dikutip dari laman resmi KPU Kabupaten Bekasi, Minggu (14/8).

Juhandi menambahkan, angka tersebut didapat setelah pihaknya melakukan pencermatan dan penyesuaian sejumlah usulan program kegiatan, yang diajukan oleh penyelenggara Pemilu dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Sinkronisasi

Wakil Ketua DPRD, Soleman, menyarankan KPU dan Bawaslu untuk melakukan sinkronisasi anggaran tersebut sebelum pagu yang disepakati ditetapkan dalam dokumen KUA-PPAS Tahun 2023.

"Sesuai Permendagri 41 Tahun 2020 maka proses pencairan anggaran pemilihan akan dilakukan paling lama 14 hari setelah penandatanganan NPHD pada bulan September 2023," ucap Soleman.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bekasi, yang telah menyepakati pagu pendanaan kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bekasi Tahun 2024.

"Selanjutnya kami akan menyampaikan besaran pagu yang disepakati ke KPU Provinsi Jawa Barat melalu rapat koordinasi anggaran pemilihan serentak, yang akan dilaksanakan pada Kamis besok (11/8/2022)," ucapnya.

Menurut Jajang, pendanaan pemilihan serentak selain bersumber dari APBD Kabupaten Bekasi, rencananya akan ada pembiayaan bersama (cost sharing) dari APBD Provinsi Jawa Barat untuk komponen honor PPK dan sekretariat, PPS dan sekretariat, PPDP serta perlengkapan TPS yang jumlahnya mencapai 22,9 miliar rupiah.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved