Hari Kemerdekaan RI

1.472 Warga Binaan Lapas Kelas 2A Bekasi Terima Remisi Hari Kemerdekaan RI, 25 Orang Langsung Bebas

"Penghuni Lapas Kelas IIA Kota Bekasi ada 1.472 orang yang mendapatkan remisi, dari 1.472 orang tersebut 25 orang langsung bebas

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Sebanyak 1.472 warga binaan Lapas Kelas IIA Bekasi mendapatkan remisi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 RI. Dari ribuan warga binaan yang mendapatkan remisi itu, 25 diantaranya langsung bebas. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI TIMUR --- Sebanyak 1.472 warga binaan Lapas Kelas IIA Bekasi mendapatkan remisi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 RI.

Dari ribuan warga binaan yang mendapatkan remisi itu, 25 di antaranya langsung bebas.

Hal ini disampaikan oleh Kalapas Kelas IIA Bekasi, Hensah.

Ia mengatakan seperti yang disampaikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ada warga binaan yang mendapatkan remisi umum dalam rangka HUT ke 77 RI.

Dari 1.974 warga binaan di Lapas Kelas IIA Bekasi, hanya 1.472 yang mendapatkan remisi untuk dalam rangka memperingati HUT ke 77 RI.

"Penghuni Lapas Kelas IIA Kota Bekasi ada 1.472 orang yang mendapatkan remisi, dari 1.472 orang tersebut 25 orang langsung bebas dan bisa menghirup udara segar," kata Hensah, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Rayakan HUT Kemerdekaan RI, PT KAI Tampilkan Lokomotif Listrik Berusia 97 Tahun

Baca juga: HUT Kemerdekaan RI, Pejuang Siliwangi-PWI Karawang Gelar Kirab Merah Putih di Tugu Kebulatan Tekad

Sementara itu 502 warga binaan Lapas Kelas IIA Bekasi yang tidak mendapatkan resmi HUT ke 77 RI.

Menurut Hensah, lantaran warga binaan itu masih menjalani persidangan, sehingga belum ada keputusan yang inkrah dari pengadilan.

"Jadi sementara yang 400 sekian yang belum mendapat remisi adalah para tahanan yang belum memperoleh keputusan dari pengadilan, sehingga mereka belum berhak mendapatkan remisi," katanya.

BERITA VIDEO : HUT RI KE-77, ISTANA AKAN DIKEPUNG PESAWAT TEMPUR

Adapun persyaratan, menerima remisi umum ini tak lain salah satunya yaitu warga binaan selalu berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan, dan sudah menjalani masa tahanan selama enam bulan di dalam Lapas.

Menurut dia warga binaan yang mendapatkan remisi HUT ke 77 RI dari beberapa jenis perkara.

"Yang mendapat remisi itu ya tentu hampir seluruh jenis perkara ya, tidak ada perkara pengecualian namun memang ada persyarat tertentu untuk para bandar narkoba, kemudian tipikor ada syarat tambahan yang memang harus mereka penuhi," ucapnya. 


 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved