Hari Kemerdekaan RI

Lomba Agustusan Menjadi Ajang Keguyuban Warga Perum Eternal Karawang

Warga Perum Eternal Village, Desa Cengkong, Purwasari, Karawang merayakan HUT ke-77 RI dengan aneka lomba, dan menjadi ajang kumpul warga.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Muhammad Azzam
Panjat pinang menjadi lomba yang paling menyedot perhatian warga Perum Eternal Village, Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Karawang, Rabu (17/8/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG -- Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia, merayakan ulang tahun Republik Indonesia dengan mengikuti aneka lomba di wilayah permukiman masing-masing.

Tradisi ini pula yang terus dijalani warga Perum Eternal Village RT 12/15, Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang pada tahun 2022 ini.

Mereka memeriahkan 77 tahun berdirinya negara Republik Indonesia dengan melakukan aneka lomba, Rabu (17/8/2022).

Anak-anak warga Perum Eternal Village, Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari menunjukkan rivalitas yang tinggi, meski hanya lomba Makan Kerupuk di perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).
Anak-anak warga Perum Eternal Village, Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari menunjukkan rivalitas yang tinggi, meski hanya lomba Makan Kerupuk di perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022). (Tribun Bekasi/Muhammad Azzam)

 

Mulai dari main bola pakai terong, pukul air, jepit bola, masukkan paku ke botol, joget jeruk, tarik tambang, makan kerupuk, hingga panjat pinang.

Warga sangat antusias mengikuti aneka lomba ini, mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak. Terlihat semua bergembira dan terlibat canda tawa dengan sesama warga.

Keseruan bertambah ketika pelombaan panjat pinang digelar. Batang pohon pinang dengan tinggi sekira 10 meter dipasang di sebuah lahan kosong.

Lomba ini paling diminati warga karena hadiah-hadiahnya sangat menarik, dan layak diperjuangkan.

Hanya saja, banyak warga gagal memanjat sampai ke puncak, karena tiangnya sudah dilumuri oli.

Filosofi lomba Panjat Pinang adalah kerja sama untuk mencapai kemakmuran. Keterangan foto: Lomba Panjat Pinang di Perum Eternal Village, Desa Cengkong, Purwasari, Karawang pada Rabu (17/8/2022).
Filosofi lomba Panjat Pinang adalah kerja sama untuk mencapai kemakmuran. Keterangan foto: Lomba Panjat Pinang di Perum Eternal Village, Desa Cengkong, Purwasari, Karawang pada Rabu (17/8/2022). (Tribun Bekasi/Muhammad Azzam)

 

Ketua RT 12, Ilham Fauzi, mengatakan bahwa perlombaan yang digelar pada momen Agustusan 2022 ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu.

Jenis lomba yang digelarnya lebih banyak, ditambah ada lomba yang baru pertama kali diselenggarakan, yakni lomba Gang Kreatif dan lomba Panjat Pinang.

"Alhamdulillah sejak pagi hingga sore tadi semua perlombaan selesai dan berjalan meriah," katanya.

Dia mengatakan semua warga kompak berpartisipasi dalam aneka lomba agustusan untuk memeriahkan HUT kemerdekaan.

Dia berharap adanya perlombaan ini menjadi ajang warga saling berkumpul untuk membangun kekompakan, dan acara ini diadakan setiap tahun.

"Ya harapannya semoga warga lebih peduli lingkungannya, dan saling terjaga silaturahmi dan kekompakannya," tutupnya.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved