Penembakan Brigadir J

Kapolri Sebut 97 Anggota Polisi Diperiksa Terkait Kasus Brigadir Yosua, 18 Diantaranya Ditahan

Dari 97 orang itu, 35 orang diantaranya terbukti melanggar kode etik profesi. Adapun 4 orang diantaranya merupakan perwira tinggi Polri.

Editor: Ichwan Chasani
Tangkap Layar YouTube TVR Parlemen
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Rabu (24/8/2022). Di forum tersebut, Jenderal Listyo Sigit Prabowo membeberkan pengungkapan kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabara alias Brigadir Yosua atau Brigadir J. 

TRIBUNBEKASI.COM — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan hingga kini sudah ada 97 anggota polisi yang diperiksa terkait penanganan dugaan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir Yosua atau Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo, Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Dari jumlah itu, kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sebanyak 35 orang diantaranya terbukti melanggar kode etik profesi. Adapun 4 orang diantaranya merupakan perwira tinggi Polri.

"Kami telah memeriksa 97 personel, 35 orang diduga melakukan pelanggaran kode etik profesi dengan rincian berdasarkan pangkat ini selain pidana juga dikenakan kode etik, Irjen Pol 1 personel, Brigjen Pol 3 orang, Kombes Pol 6 orang, AKBP 7 orang, Kompol 4, AKP 5, Iptu 2, Ipda 1, Bripka 1, Brigadir Polisi 1, Briptu 2 dan Bharada 2," kata Sigit.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan bahwa ada 18 anggota polisi yang juga harus ditahan di tempat khusus (patsus).

Baca juga: Harga Telur Ayam di Karawang Mencapai Rp 31 Ribu Per Kilogram

Baca juga: Bikin Resah, Gangster di Bekasi Berulah Bawa Sajam Melintas di Jalan Cipendawa Baru

Mereka telah ditahan di Mako Brimob Polri maupun Provost Mabes Polri.

"Dari 35 personel tersebut 18 saat ini sudah kita tempatkan di penempatan khusus, sementara yang lain masih berproses pemeriksaannya. 2 saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait dengan laporan polisi dari Bareskrim sehingga tinggal 16 orang yang ada di patsus, sementara sisanya jadi tahanan berkait dengan kasus yang dilaporkan di Bareskrim," jelas Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lebih lanjut, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuturkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menuntaskan proses sidang etik kepada puluhan anggota yang melanggar di kasus Brigadir J paling lambat 30 hari ke depan.

"Kami tentunya berkomitmen untuk segera bisa menyelesaikan proses sidang etik profesi ini dalam waktu 30 hari ke depan, ini juga untuk memberikan kepastian hukum terhadap pada terduga pelanggar," pungkasnya.

Baca juga: Eko Patrio Terkunci di Lift, Lalu Meluncur Bebas dari Lantai 18 hingga 5, Kayak Apa Coba Rasanya?

Baca juga: Lowongan Kerja Karawang: Hari Ini Terakhir, PMA Jepang Produsen Kabel Butuh Staf Production Control

Copot Sejumlah Pejabat Polri

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved