Berita Nasional

Lemhanas RI Jalankan Mandat Presiden Soekarno dengan Menggelar The 6th Jakarta Geopolitical Forum

Lemhanas RI fokus menjalankan mandat dari Presiden ke-1 RI, Ir Soekarno dengan menggelar The 6th Jakarta Geopolitical For

Editor: Panji Baskhara
Istimewa
Lembaga Ketahanan Nasional (Lemnahas) RI menjalankan mandat dari Presiden ke-1 RI, Ir Soekarno dengan menggelar The 6th Jakarta Geopolitical Forum dengan tema "Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability" di Jakarta, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI fokus menjalankan mandat dari Presiden ke-1 RI, Ir Soekarno.

Seperti yang diketahui, Lemhanas RI didirikan oleh Presiden Ir Soekarno pada tanggal 20 Mei 1965.

Diketahui, Lemhanas RI memiliki mandat menjadi sekolah geopolitik.

Demi menjalankan amanat itu, Lemhanas RI menggelar The 6th Jakarta Geopolitical Forum yang mengangkat tema 'Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability'.

Baca juga: Gembong Warsono Menguak Praktik Jual Beli Jabatan ASN Pemprov DKI, Harganya Hingga Ratusan Juta

Baca juga: VIDEO : Harga Telur Ayam Tembus Rp 31.000 di Bekasi, Permintaan Turun Drastis

Baca juga: Lemhanas Usulkan Regulasi untuk Hilangkan Kampanye Politik Identitas

Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto mengatakan mandat itu diberikan dengan satu arahan strategis dari pria yang akrab disapa Bung Karno.

Hal itu agar Lemhannas bisa mencetak calon pemimpin nasional yang memahami konsekuensi dari pertarungan negara-negara besar.

"Bahkan pertarungan geopolitik antara negara-negara utama di kawasan ini dan apa pengaruhnya bagi Indonesia,” kata Andi Widjajanto saat pembukaan The 6th Jakarta Geopolitical Forum di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Tema geomaritim, ujarnya sangat relevan saat ini sebab wilayah maritim diprediksi akan menjadi arena persaingan utama antar negara, bahkan semakin mendekat dengan Indonesia.

Lemhannas RI menilai dinamika ini sangat menarik untuk dicermati.

"Khusus untuk tahun ini tema yang kami angkat adalah tentang geomaritim dengan kesadaran bahwa pertarungan geopolitik di depan akan semakin dekat ke kita,"

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved