Berita Nasional

Tahun 2030, Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara, Erick Thohir: Tumbuh Rp 4.818 T

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga Rp 4.818 triliun pada 2030 mendatang.

Editor: Panji Baskhara
Wartakotalive.com
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga Rp 4.818 triliun pada 2030 mendatang. Foto: Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNBEKASI.COM - Ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga Rp 4.818 triliun pada 2030 mendatang.

Apabila pertumbuhan ekonomi digital terjadi, akan menempatkan Indonesia sebagai negara dengan kontributor terbesar bagi ekonomi digital Asia Tenggara.

"Ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan tumbuh hingga Rp 4.818 triliun pada 2030. Ini merupakan market besar dan harus dimanfaatkan" ucapnya Menteri BUMN Erick Thohir di Gedung Kementerian BUMN, pada Selasa (23/8/2022).

Ia melanjutkan, ekonomi digital terbukti menjadi salah satu pilar resiliensi ekonomi nasional di tengah perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Digitalisasi UMKM, Menteri BUMN Erick Thohir: Suka Tidak Suka, Harus Didampingi

Baca juga: Dukungan untuk Menteri BUMN Erick Thohir Maju ke Pilpres 2024 Meluas Hingga ke Kalimantan Barat

Baca juga: PAN Buka Peluang untuk Menteri BUMN, Usung Erick Thohir Sebagai Capres di Pilpres 2024

Maka itu, Menteri BUMN Erick Thohir terus mendorong transformasi bisnis BUMN, khususnya melalui digitalisasi yang merupakan sebuah keharusan.

"Saya selalu menekankan, BUMN tidak boleh menjadi dinosaurus," katanya.

Untuk itu, beberapa langkah strategis telah dilakukan semisal memperkuat pembangunan infrastruktur Indonesia dengan data cloud, jaringan 5G dan lainnya.

Sehingga diharapkan menjadi agregator bagi produk-produk lokal Indonesia untuk mewujudkan negara mandiri, merdeka dan berdaulat.

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir juga mengatakan, untuk mengakselerasi ekosistem bisnis BUMN, pihaknya mendorong sinergi dan kolaborasi perusahaan BUMN.

Yakni dengan Venture Capital dan para perusahaan rintisan atau startup Indonesia melalui kegiatan "BUMN Startup Day 2022"

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved