Berita Karawang

Cegah Anak-anak dari Penyakit Berbahaya, Pemkab Karawang Targetkan Ratusan Ribu Anak Diimunisasi

Dikatakan Aep, melalui BIAN ini, angka kejadian kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dapat dicegah dan dihilangkan.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Ilustrasi anak - Pemerintah Kabupaten Karawang menargetkan ratusan ribu anak mengikuti imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. (FOTO ILUSTRASI) 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Pemerintah Kabupaten Karawang menargetkan ratusan ribu anak mengikuti imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengatakan sasaran BIAN di Kabupaten Karawang, terdiri dari sasaran kampanye anak usia 0-59 bulan yang terdiri dari 164.487 anak.

Kemudian sasaran imunisasi kejar usia 12-59 bulan dengan DPTHB HIB sebanyak 20.217 anak, OPV 3.549 anak dan IPV 63.828 anak.

"Target itu harus dapat tercapai, apalagi Karawang ini menjadi lokasi kick off BIAN 2022. Tahap II Jawa-Bali yang dihadiri Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Barat," kata Aep, pada Sabtu (27/8/2022).

Aep menerangkan, sesuai dengan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, pelaksanakan BIAN akan dilaksanakan di puskesmas, posyandu, pos imunisasi, PAUD, rumah sakit, klinik swasta dan PMB (praktik mandiri bidan).

"Kami berharap seluruh wilayah berperan aktif dalam pelaksanaan BIAN tahun 2022. Sehingga, cakupan BIAN tahun 2022 bisa mencapai target yakni 95 persen, dan cakupan target imunisasi kejar minimal 80 persen," beber dia.

Baca juga: Pekan Terakhir BIAN 2022, Kelurahan Jatirangga Catat 70 Persen Anak Sudah dapat Imunisasi 

Baca juga: Bolehkah Anak Jalani Imunisasi Setelah Terima Vaksin Covid-19, Ini Penjelasannya?

Dikatakan Aep, melalui BIAN ini, angka kejadian kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dapat dicegah dan dihilangkan.

Sehingga, melalui imunisasi anak-anak di Karawang memiliki imunitas yang kuat, dan terhindar dari penyakit PD3I.

"Pandemi kemarin memang menyulitkan semua pihak dalam melaksanakan imunisasi. Sehingga imunisasi anak tidak berjalan maksimal. Kami optimis BIAN 2022 ini bisa maksimal dan mencapai target," kata Wabup.

BERITA VIDEO : BALITA MUNTAH MINUM OBAT KEDALUWARSA PASCA IMUNISASI

Wabup berpesan, selama pencanangan BIAN diharapkan orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif.

"Tak hanya itu, manfaat dari imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan," tandasnya. 
 
 
 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved