Berita Karawang

Seniman Jawa Barat Soroti Landmark The Windows Tak Cerminkan Identitas Budaya Karawang

Menurut Nace, seharusnya Pemkab Karawang memiliki kebanggaan terhadap identitas Karawang.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Istimewa
Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat bakal membangun landmark di Bundaran Badami di Jalan Interchange Tol Karawang Barat. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Seniman Jawa Barat menyoroti landmark The Windows di Bundaran Badami Jalan Interchange, Karawang Barat dinilai tidak mencerminkan identitas Karawang.

Ketua Seniman Jawa Barat menyarankan sebaiknya tugu bunderan Interchange Karawang Barat yang akan dibangun memiliki ikon yang lebih ciri khas Karawang.

Justru dia menilai dari sudut pandangnya melihat tugu tersebut tidak mencerminkan budaya Karawang, harusnya dibuatkan patung yang cerminkan budaya dan jati diri Karawang.

"Misalnya keluar dari Tol Karawang Barat kalau ada ikon Karawang orang itu tahu, oh ini Kota Karawang, jadi harus ada identitas atau patung ke Karawangan," kata Nace, pada Kamis (8/9/2022).

Misalnya, kata Nace, Karawang kota padi dan kota budaya. Kenapa tidak dibuatkan patung padi atau bisa dibuatkan patung jaipong atau patung yang lain yang mencerminkan Karawang.

Menurut Nace, seharusnya Pemkab Karawang memiliki kebanggaan terhadap identitas Karawang.

Baca juga: Pemkab Karawang Lanjutkan Bangun Landmark di Bundaran Badami setelah Tertunda 2 Tahun Imbas Pandemi

Baca juga: Sejarah Tugu Santri Karawang di Masjid Agung Syeh Quro: Jadi Titik Penyebaran Islam di Karawang

"Makanya disinilah seorang pejabat itu diperlukan gagasan dan ide yang cemerlang. Artinya ketika dalam pembangunan memiliki kearifan lokal, kreadibilitas yang bisa menjadikan Karawang lebih baik," Kata Nace.

Nace menambahkan, jika pembangunan tugu tersebut dari sumbangsih dari pihak swasta seharusnya dikonsultasikan terlebih dahulu.

"Nah kalau itu seandainya dari pihak swasta seharus dikonsultasikan dengan Pemerintah Daerah. Kan sebenarnya bisa dilombakan membuat desain tugu bunderan Badami, nanti pilih yang paling bagus dan mencerminkan Karawang," jelasnya.

Nace berharap desain bunderan Badami dengan patung jendelanya bisa direvisi dan digantikan dengan patung yang cerminkan kota Karawang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved