Pemilu 2024

Bawaslu Kabupaten Bekasi Segera Buka Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu 2024

Pendaftaran kepanitiaan nantinya akan dilakukan secara daring melalui laman bekasikab.bawaslu.go.id.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Syaiful Bachri. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi segera membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) Pemilu Tahun 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Syaiful Bachri mengatakan pendaftaran kepanitiaan nantinya akan dilakukan secara daring melalui laman bekasikab.bawaslu.go.id.

"Selain nanti penetapan parpol, sebentar lagi akan ada rekrutmen panitia ad hoc, mungkin dalam waktu dekat akan dibuka, silakan buat masyarakat yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang, bisa mempersiapkan diri ketika nanti sudah dibuka pendaftarannya," kata Syaiful saat dikonfirmasi, Jumat (9/9/2022).

Ia mengajak para masyarakat untuk berperan aktif memantau penyelenggaraan pemilu dengan cara mendaftarkan diri sebagai Panwascam.

"Merupakan sebuah tugas yang mulia menjadi seorang Pengawas Pemilu 2024. Untuk informasi selanjutnya akan diinfokan melalui laman resmi," tuturnya.

Syaiful Bachri menambahkan agar masyarakat bisa melakukan pengecekan data dengan cara mengakses infopemilu.kpu.go.id. Apabila ternyata tanpa sepengetahuannya, masuk menjadi anggota parpol, dipersilakan datang ke posko pengaduan di kantor Bawaslu atau melalui media sosial melapor dan membuat pernyataan.

"Penyelenggara pemilu juga memberi kesempatan kepada masyarakat jika tidak pernah mendaftar sebagai anggota partai politik dengan mengeceknya. Bawaslu Kabupaten Bekasi sudah mendapat instruksi dari pusat untuk membuat posko pengaduan," terangnya.

Sampai bulan ini menurut Syaiful sudah ada 4 orang yang mengadu ke Bawaslu Kabupaten Bekasi, yang menyatakan NIK-nya terdaftar sebagai anggota parpol. Nantinya lanjut Syaiful, laporan ini akan diteruskan ke KPU Kabupaten Bekasi.

"Yang sudah kita proses itu ada 3 orang yang melapor ke Bawaslu dan kita rekomendasikan ke KPU untuk segera diproses. Kalau memang betul, itu harus dikeluarkan dari sipol. Atau bisa juga secara online di link KPU juga disediakan," lanjutnya.

Dia mengingatkan, karena sebentar lagi akan ada pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Bekasi, masyarakat segera mengecek agar memperoleh hak pilih di Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang.

"Silakan dicek nama kita di website milik KPU lindungihakmu.kpu.go.id kalau belum ada, silakan daftar," imbaunya. 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved