Berita Karawang

Kebocoran Gas Kembali Terjadi, Pemkab Karawang Ancam Bekukan Izin PT Pindo Deli 2

Kebocoran gas ini sudah tiga kali terjadi dan PT Pindo Deli 2 sudah berjanji melakukan mitigasi membuat sistem berupa vacuum.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Suasana PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2 terkait insiden kebocoran gas yang menyebabkan puluhan warga dirawat di rumah sakit. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang, mengancam membekukan izin PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2 terkait insiden kebocoran gas yang menyebabkan puluhan warga dirawat di rumah sakit.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyampaikan, pihaknya sudah memerintah Dinas Lingkungan Hidup untuk mengkaji izin dan berkoordinasi dengan Polres Karawang yang sudah ke lokasi dengan Puslabfor.

"Nah tentunya hari ini sedang dimitigasi bagaimana kejadiannya. Kemarin intruksi bupati agar Pindo Deli ini betul-betul menjaga kepercayaan, kaeena ini bukan yang pertama tapi ketiga kali ini," kata Aep, pada Kamis (15/9/2022).

Aep menjelaskan, jika dari hasilnya Puslabfor terbukti terjadi kelalaian. Tentu PT Pindo Deli 2 tidak boleh melakukan operasional atau minimal mereka harus membuat tempat baru.

Apalagi kejadian kebocoran gas ini sudah tiga kali terjadi dan PT Pindo Deli 2 sudah berjanji melakukan mitigasi membuat sistem berupa vacuum yang bisa menyedot gas bila terjadi kebocoran.

Baca juga: Waktunya Beli Banyak, Harga Emas Batangan Antam di Bekasi, Kamis Ini Terendah Sejak 7 Bulan Terakhir

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-15, Armada Band Gelar Konser Tur di 15 Kota

"Saya sudah sampaikan ke DLH agar dicek ada atau tidaknya sistem tersebut. Kalau tidak ada, saya minta berhentikan dulu produksinya dan kaji izinnya," ungkap Aep.

Pemerintah daerah saat ini sedang menanti hasil kajian DLH Karawang dan Puslabfor Polres Karawang. Bila terbukti tidak ada sistem yang layak, Pemda Karawang tidak akan segan memberikan sanksi.

"Kemarin kita lihat dulu, tempatnya ini kira-kira heksosnya masih jalan tidak, tapi kalau ternyata tidak jalan lebih baik dia pindahin sambil bikin tempat baru. Dari di situ engga jalan terus dekat denfan warga, nah lebih baik dipindahkan tempatnya dengan warga, ini yang jadi pertimbangan," jelas dia.

Polres Karawang memeriksa sejumlah saksi atas insiden kebocoran gas klorin dari pabrik milik PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2.

Sejumlah saksi yang diperiksa itu mulai dari korban, hingga empat orang dari pihak PT Pindo Deli 2.

Baca juga: Digugat Cerai Roro Fitria, Andre Irawan Akan Pertahankan Pernikahan Demi Anak

Baca juga: Viral, Diduga Mencuri Seorang Bencong Diamankan Warga di Kota Bekasi, Ini Faktanya!

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved