Berita duka cita

Sampai Senin Pagi, Jadwal Kepulangan Jenazah Azyumardi Azra Belum Tercatat di Bagian Cargo Jenazah

Jadwal ketibaan jenazah Azyumardi Azra belum tercatat di bagian Cargo Jenazah Bandara Soetta pada hari ini.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Wartakotalive.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengirim karangan bunga ucapan belasungkawa ke rumah duka almarhum Azyumardi Azra. (Ramadhan L Q) 

TRIBUNBEKASI.COM, TANGERANG - Kepulangan jenazah Azyumardi Azra memang dijadwalkan pada Senin (19/9).

Namun menurut catatan di bagian Cargo Jenazah di Bandara Soekarno Hatta, belum tercatat data jadwal ketibaan jenazah Ketua Dewan Pers itu pada Senin pagi, menggunakan penerbangan reguler.

"Kalau berdasarkan jadwal penerbangan reguler, sampai pagi ini bisa dipastikan jenazah Azyumardi Azra belum tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta," ujar salah seorang petugas Human Remains Bandara Soetta kepada Wartakotalive.com, Minggu (18/9) malam.

Namun lain halnya bila jenazah guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu dipulangkan menggunakan penerbangan khusus. Ketibaan jenazah bisa lebih cepat.

Pasalnya, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, kemarin menyatakan bahwa Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla, telah menyiapkan pesawat khusus untuk memulangkan jenazah Azyumardi Azra.

Hal tersebut dilakukan lantaran mekanisme pemulangan jenazah membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari untuk proses administrasi, apabila menggunakan pesawat reguler.

"Untuk pemulangan sedang dipertimbangkan (menggunakan pesawat reguler atau tidak), karena Pak Jusuf Kalla sudah menyediakan pesawat khusus," kata Din Syamsuddin dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian Direktur Human Remains Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta, Candra Tri Saktianto, mengatakan tidak tertutup kemungkinan akan terjadinya hal tersebut.

Sebab kepulangan jenazah internasional menggunakan pesawat khusus sebelumnya juga pernah dilakukan, saat jenazah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Arifin Panigoro, pada 8 Maret 2022 menggunakan penerbangan dari Amerika Serikat menuju Indonesia.

"Biasanya tetap di Bandara Soekarno-Hatta (apabila menggunakan pesawat khusus)," kata Candra.

Halaman
1234
Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved