Bekasi Memilih

Baru Dibuka, 82 Orang Daftar Jadi Panwascam Pemilu di Kabupaten Bekasi, Persyaratannya Lebih Mudah

Mereka pun boleh mengajukan diri menjadi pengawas di kecamatan mana pun selain di tempat tinggalnya.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Syaiful Bachri -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi telah membuka pendaftaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam), sejak Rabu (23/9/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi telah membuka pendaftaran panitia pengawas kecamatan (Panwascam), sejak Rabu (23/9/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Syaiful Bachri mengatakan hingga kini, telah terdapat 82 orang yang mendaftarkan diri menjadi Panwascam dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

"Pada hari pertama yang mendaftar ada 21 orang, 4 orang perempuan dan 17 orang  laki-laki, sedangkan pada hari kedua 10 orang perempuan 51 laki-laki yang berasal dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi. Alhamdulilah antusias pendaftar sangat tinggi. Pengumuman melalui online atau media online cukup efektif menarik minat pendaftar," kata Syaiful saat dikonfirmasi, Jumat (23/9/2022).

Ia sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat yang mendaftarkan diri menjadi Panwascam.

Disampaikannya, target pendaftar minimal mencapai 138 orang pendaftar.

"Jika target minimal yang dicanangkan belum tercapai, Bawaslu akan memperpanjang masa pendaftaran sampai waktu yang ditentukan. Itu pun dengan tiga syarat diantaranya jumlah tidak terpenuhi, kuota perempuan atau afirmasi tidak mencapai 30 Persen atau paduan keduanya," tuturnya.

Baca juga: Ada 31 Orang di Karawang Lapor ke Bawaslu karena Nama dan NIK Dicatut Parpol

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bekasi Segera Buka Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu 2024

Ia mengaku sampai hari kedua pendaftaran pihaknya sudah menolak satu orang pendaftar karena tidak memenuhi syarat sebagaimana yang diatur di undang-undang.

"Ada satu orang pendaftar yang tidak cukup memenuhi syarat terus berkasnya yang sudah masuk kita kembalikan kepada yang bersangkutan," imbuhnya.

Dia menambahkan persyaratan rekrutmen untuk sekarang relatif lebih mudah atau tidak rumit seperti sebelumnya pendaftar harus melampirkan surat kesehatan rohani serta surat bebas narkoba.

BERITA VIDEO : MANTAN WABUP KARAWANG BATAL BIKIN KTA PARTAI GERINDRA

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved