Berita Karawang

Dibangun Ikonik, Masjid Jami Kartika Diharapkan Jadi Lokasi Wisata Religi di Karawang

Ketua DKM Jami Kartika, Pramono mengatakan, kehadiran sarana ibadah dapat bermanfaat bagi warga Kartika Residences maupun sekitar. 

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Masjid Jami Kartika di area Perumahan Kartika Residences Desa Kondangjaya, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Masjid Jami Kartika diharapkan menjadi lokasi wisata religi Karawang, Jawa Barat selain sebagai tempat sarana ibadah bagi masyarakat. 

Masjid yang berdiri di area Perumahan Kartika Residences Desa Kondangjaya, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang bakal menjadi ikonik dan ditargetkan rampung pembangunannya pada akhir Januari 2023. 

Saat ini juga telah resmi dibentuk kepengurusan DKM (dewan kemakmuran masjid). 

Ketua DKM Jami Kartika, Pramono mengatakan, kehadiran sarana ibadah dapat bermanfaat bagi warga Kartika Residences maupun sekitar. 

"Dibentuknya pengurus DKM Kartika, di bawah dewan penasihat dari Lazisnu dan MUI dapat memberi saran dan masukan untuk kebaikan mesjid agar dapat bermanfaat bagi umat," ujar Pramono, pada Jumat (23/9/2022). 

Ia mengharapkan, kehadiran masjid ini selain menjadi tempat sarana ibadah. Juga menjadi lokasi wisat religi dan tempat sarana kegiatan masyarakat. 

Baca juga: Gelar Kegiatan Sosial di Masjid At-Thohir Depok, Ini Doa dari Anak Yatim untuk Erick Thohir

Baca juga: Bangun Masjid At-Thohir Lampung, Erick Thohir Kenang Jasa Almarhum Ayahnya: Tidak Bisa Terbayangkan

"Maka kita mulai bentuk juga DKM, dibawah Dewan Penasihat dari Lazisnu dan MUI agae dapat memberi saran dan masukan untuk kebaikan mesjid agar dapat bermanfaat bagi umat," jelas dia. 

Ketua Lazisnu Kabupaten Karawang, Asep Abdullah Syafei mengapresiasi pembangunan masjid di perumahan Kartika Residences. 

Menurutnya, kehadiran masjid bukan hanya bermanfaat untuk ibadah salat, tetapi juga sebagai sarana dakwah untuk warga sekitar. 

BERITA VIDEO : DETIK-DETIK PLAFON MASJID SENILAI RP 40 MILIAR AMBRUK

"Ibadah di masjid itu bukan hanya salat, tetapi juga ibadah mahdhah lainnya. Juga bisa dilakukan kegiatan masyarakat hingga wisata religi karena saya lihat desain masjidnya bagus dan indah," ucapnya. 

Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kecamatan Klari, M. Syaiful Hadi berharap, dibangunnya masjid Jami Kartika dapat menjadi tempat wisata religi di Kabupaten Karawang. 

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya mesjid jami kartika ini bisa menjadi sarana wisata religi. Melihat dari lokasi ini sangat luar biasa luasnya dan membawa manfaat bagi umat islam," timpalnya. 

Seperti diketahui, arsitektur masjid bernama Jami' Kartika ini mengusung langgam modern tropis, yang didominasi warna putih sebagai melambangkan kesucian. 

Rancangan masjid ini juga memaksimalkan pemanfaatan cahaya dan sirkulasi udara alami dengan banyaknya bukaan. 

Kapasitas Jami' Kartika sebanyak 1.000 jemaah dengan standar 1,5 meter persegi per orang. 

Masjid ini mencakup dua masa bangunan dengan atap kubah sebagai bangunan utama dan bangunan pendukung. 

Bangunan utama berfungsi sebagai hall untuk beribadah. Sedangkan bangunan pendukung merupakan minaret dan akses pandang 360 derajat dengan ketinggian sekitar 24 meter. 

Arah masuk bangunan dari timur dibuat dengan interior semi terbuka yang memaksimalkan pengkondisian udara dan pencahayaan alami. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved