Berita Bekasi

Pengerjaan Rampung, Tol Becakayu Seksi 2A Jakasampurna-Margajaya Bekasi Siap Beroperasi Tahun Ini

"Jadi Becakayu Seksi 2A itu sudah dilakukan uji layak fungsi (ULF). Selanjutnya nanti persiapan untuk operasionalnya," kata Alex Siwu,

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Pembangunan jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A Jakasampurna-Margajaya saat ini sudah masuk tahapan 100 persen konstruksi. Target operasional direncanakan akan dilakukan tahun ini. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN --- Pembangunan jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A Jakasampurna-Margajaya saat ini sudah masuk tahapan 100 persen konstruksi.

Target operasional direncanakan akan dilakukan tahun ini.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road, Alex Siwu mengatakan jika secara konstruksi Tol Becakayu Seksi 2A sudah mencapai 100 persen.

Bahkan beberapa minggu lalu pun sudah dilakukan uji layak fungsi, sebelum operasional jalan tol diberlakukan.

"Jadi Becakayu Seksi 2A itu sudah dilakukan uji layak fungsi (ULF). Selanjutnya nanti persiapan untuk operasionalnya," kata Alex Siwu, Kamis (29/9/2022).

Uji layak fungsi dilakukan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol sesuai dengan standar managemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Pj Bupati Bekasi Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing

Baca juga: Jaga Keselamatan Berkendara, Jasa Marga Lakukan Pengecatan Marka Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi

Setelah dilakukan uji layak fungsi, nantinya ada keputusan menteri terkait hasil uji layak fungsi itu, sehingga diputuskan jadwal operasional tol tersebut.

Oleh karena itu, menurut Alex saat ini pihaknya masih menunggu keputusan Pemerintah.

"Terkait operasional masih menunggu keputusan menteri, sertifikat ULFnya. Tapi memang target kami itu tahun ini sudah bisa beroperasi," katanya.

BERITA VIDEO: PJ BUPATI BEKASI TINJAU GERBANG TOL GABUS

Terkait dengan tarif tol, diungkapkan oleh Alex juga masih menunggu yang nantinya dikeluarkan berbarengan dengan Keputusan Menteri yang juga penetapan tanggal operasional dari Tol Becakayu Seksi 2A Jakasampurna-Margajaya.

"Intinya, kaat ini kami tengah menunggu keputusan dari Kepmen, dan tarif tol, karena ada beberapa proses yang harus dijalankan sampai nanti diputuskan jadwal operasionalnya," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Lalin Dishub Kota Bekasi, Teguh mengatakan untuk teknis arus lalu lintas di Jalan Alternatif saat ini sudah siap, hanya menunggu operasional tol tersebut beroperasi.

"Secara teknis jalur alternatif sudah siap. Kalo besok bisa dibuka kita langsung mainkan Hasibuan," kata Teguh.

Nantinya, ketika Tol Becakayu Seksi 2A Margajaya Kota Bekasi tersebut sudah beroperasi, ada teknis arus lalu lintas yang berubah.

Dimana kendaraan dari Barat bisa langsung mengarahkan ke Timur, sedangkan untuk dari arah Timur ke Barat akan melintasi jembatan melintas di overpass.

"Itu nanti satu arah satu arah. Nah Hasibuan itu nanti kebalik dari arah Barat ke Timur. Nah dari Timur ke Barat lewatnya Jembatan baru yang warna merah lewat overpass langsung ke Kalimalang," ucapnya.  
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved