Berita Karawang

Pupuk Kujang Berikan Alat Laboratorium ke RSUD Karawang untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan,

PT Pupuk Kujang menyalurkan bantuan CSR ke RSUD Karawang, yang bermanfaat dalam proses transformasi RSUD Karawang menjadi rumah sakit rujukan.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Yulianto
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang menghadirkan layanan cek lab drive thru atau layanan tanpa turun, yang dihadirkan berkat bantuan CSR PT Pupuk Kujang. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG -- Pupuk Kujang menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, berupa alat laboratorium.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Karawang.

Terlebih, saat ini RSUD Karawang tengah bertransformasi menjadi lebih baik dalam hal pelayanan.

Andi Komara, selaku VP Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang, mengatakan bahwa bantuan CSR berupa fasilitas dan alat laboratorium itu akan membuat RSUD bisa menyediakan layanan cek laboratorium drive thru, atau layanan tanpa turun.

“Dengan layanan itu pasien bisa cek lab tanpa harus turun dari kendaraan. Lebih praktis dan cepat,” ujarAndi Komara pada Senin (3/10).

Laboratorium Biosafety Level di RSUD Karawang yang didirikan berkat bantuan CSR PT Pupuk Kujang.
Laboratorium Biosafety Level di RSUD Karawang yang didirikan berkat bantuan CSR PT Pupuk Kujang. (Warta Kota/Yulianto)

 

Lab yang aman

Andi menambahkan, Pupuk Kujang telah menyalurkan CSR berupa pembangunan laboratorium dan perangkat lab medis, yang disebut biosafety cabinet.

“Selain bangunan, kami juga menyalurkan alat yang bisa menunjang proses pemeriksaan sampel di lab kesehatan, sehingga sampel dari pasien menjadi lebih aman bagi tenaga medis dan lingkungan RSUD Karwang,” kata Andi.

Adapun pembangunan laboratorium kategori biosafety level tersebut dikerjakan sesuai standar ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam pembangunannya, diterapkan standar tinggi dalam rancang bangun laboratorium tersebut.

Seluruh proses dilakukan secara khusus dan ketat, sebab, laboratorium itu digunakan untuk tracing dan testing virus atau penyakit yang berpotensi membahayakan petugas dan lingkungan.

“Bantuan ini merupakan wujud nyata komitmen perusahaan untuk berkontribusi di bidang kesehatan. Ini merupakan bentuk sinergi antara Pupuk Kujang dengan Pemerintah Daerah Karawang di bidang kesehatan,” tutur Andi.

Rumah sakit rujukan

Untuk diketahui, RSUD Karawang sedang memperkuat infrastruktur kesehatan pelayanan masyarakat.

Untuk medukung hal itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, menggandeng berbagai elemen seperti perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD di Karawang untuk ikut berkontribusi.

“Seperti diketahui Karawang ini adalah daerah industi. Potensi ini kami manfaatkan dan membentuk gotong royong untuk sama-sama meningkatkan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Karena itu kami sangat mengapresiasi bantuan dari perusahaan-perusahaan di Karawang, yang selalu bersinergi dengan baik,” kata Cellica.

Dia pun mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pupuk Kujang yang telah membantu RSUD Karawang bertransformasi.

“Kami ucapkan terima kasih. Infrastruktur baru ini murni dibiayai CSR. Alhasil kita bisa lihat RSUD Karawang menjadi lebih rapih, lebih nyaman. Kami memang sedang berbenah karena RSUD Karawang menjadi rumah sakit rujukan di Jawa Barat,” tandas Cellica.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved