Kabupaten Bekasi

Sebanyak 133 Yayasan di Kabupaten Bekasi Dapat Dana Hibah dari Pemkab Bekasi, Segini Besarannya

Dani menerangkan total anggaran dana hibah yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Bekasi mencapai Rp 4,795 miliar.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Sebanyak 133 yayasan terverifikasi mendapatkan dana hibah dari Pemkab Bekasi untuk tahun anggaran 2022. Pemberian kepada pengelola merupakan bentuk apresiasi kepada pengurus yayasan yang telah membantu tugas pemerintah dalam kegiatan sosial, pendidikan, maupun keagamaan di masyarakat. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Sebanyak 133 yayasan di Kabupaten Bekasi terverifikasi mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk tahun anggaran 2022.

Pemberian kepada pengelola dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada pengurus yayasan yang telah membantu tugas pemerintah di Kabupaten Bekasi dalam bentuk kegiatan sosial, pendidikan, maupun keagamaan di masyarakat.

"Hibah ini sebagai bentuk apresiasi karena telah menjalankan sebagian dari tugas-tugas pemerintah di bidang sosial, keagamaan, di bidang pendidikan. Meskipun memang undang-undang mengamanatkan tugas pendidikan, kesehatan, sosial, keagamaan itu dalam tanggung jawab bersama," ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (7/10/2022).

Dani menerangkan total anggaran dana hibah yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Bekasi mencapai Rp 4,795 miliar.

BERITA VIDEO : BAMUS SUKU BETAWI 1982 DAPAT DANA HIBAH RP 1,2 M

Masing-masing yayasan akan menerima dana yang besarannya berkisar Rp 20-50 juta.

"Kebanyakan yayasan akan menggunakan anggarannya untuk menambah sarana dan prasarana, ada juga yang untuk operasional," katanya.

Ia mengharapkan agar dana hibah yang bisa dicairkan paling lambat pekan depan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang kegiatan yayasan yang berdedikasi kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkab Bekasi Kucurkan Dana Hibah Rp 53 M Bantu KONI Agar Mendulang Sukses Porprov Jawa Barat 2022

Baca juga: Gubernur Anies Naikkan Dana Hibah 81 Ribu Guru Honorer Jadi Rp538,9 Miliar

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (ASDA I) Sri Enny Mainiarti menyampaikan proses hibah yang diajukan ini merupakan hasil seleksi proposal yang diajukan dari pengelola yayasan di tahun 2021 sebanyak 145 pengajuan.

"Setelah melakukan uji dan ditelaah maka diperoleh 133 yang lolos administrasi berdasarkan survei yang dilakukan Tim profesional," ungkapnya.

Namun dalam prosesnya 1 yayasan tidak melengkapi pemberkasan selanjutnya, sehingga dihasilkan 133 yayasan yang sah menerima bantuan. 

Seleksi ketat yayasan penerima dana hibah

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menjelaskan pihaknya melakukan audit dan pemeriksaan secara ketat kepada setiap yayasan yang menerima dana hibah.

Proses seleksi sendiri dilakukan sejak tiga tahun lalu, bekerjasama dengan konsultan profesional yang memeriksa pemberkasan, dari rangkaian awal sampai dengan pelaporan penggunaan dana hibah.

Halaman
12

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved