Berita Bekasi

Rayakan Hari Santri Nasional 2022, Ribuan Santri di Kota Bekasi Gelar Kirab

Hari Santri Nasional 2022 ini menjadi refleksi perjalanan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Kemerdekaan, dimana para santri ikut berperan penting.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Joko Supriyanto
Usai melakukan kirab Hari Santri Nasional 2022, para Santri dan Santriwati berkumpul di Halaman Alun-alun M. Hasibuan Kota Bekasi, Sabtu (22/10/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN — Ribuan para santri dan santriwati yang berasal dari beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Bekasi menggelar kegiatan kirab dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022.

Pada kegiatan kirab yang digelar pada Sabtu (22/10/2022) ini para santri dan santriwati berjalan berkeliling dari Jalan Ahmad Yani menuju Alun-alun Kota Bekasi M. Hasibuan yang terletak di Jalan Pramuka, Bekasi Selatan.

Para santri dan santriwati yang hadir lengkap menggunakan pakaian muslim, lalu berjalan dan membawa spanduk bertuliskan nama pondok pesantren mereka dan tuliskan Hari Santri Nasional 2022.

Usai melakukan kirab, para santri dan santriwati berkumpul di Halaman Alun-alun M. Hasibuan Kota Bekasi.

Lalu para santri dan santriwati tersebut melaksanakan upacara memperingati Hari Santri Nasional 2022 yang dipimpin langsung oleh Plt Wali Kota Bekasi.

BERITA VIDEO: PERAYAAN HARI SANTRI DI LAPAS KELAS II A KARAWANG, BUPATI CELLICA TURUT HADIR

Dalam kesempatan itu, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini menjadi sebuah refleksi perjalanan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Kemerdekaan, dimana para santri ikut berperan penting dalam hal itu.

"Saat itu ada kesadaran kita untuk mempertahankan kembali kemerdekaan. Yang refleksinya pada saat itu puncaknya saat 10 november 1945, yang bagaimana saat ini, kita mengenang hingga saat ini," kata Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Sabtu (22/10/2022).

Dalam momentum peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini, diharapkan oleh Tri Adhianto, para santri tetap tetap istiqomah dalam mempertahankan akidah agamanya, serta menjunjung tinggi kedaulatan, dan tetap menjaga keuntungan bangsa, agar tetap solid.

Baca juga: Resmikan TPS3R Desa Wanajaya, Ridwan Kamil Minta Masalah Sampah Bekasi Tak Viral Lagi

Baca juga: Diisukan Bakal Bersanding dengan Anies Baswedan, Begini Respon Ridwan Kamil

"Kami berharap santri-santri tetap istikomah jalan bahwa mereka juga punya tugas disamping yang utamanya adalah mrmpertahankan akidah agama, dan dia harus menjaga bangsa ini agar tetap bersatu," ujarnya. 

Peringatan Hari Santri di Lapas

Diberitakan sebelumnya, tanggal 22 Oktober telah ditetapkan pemerintah menjadi Hari Santri Nasional sejak 6 tahun lalu atau 2015.

Perayaan Hari Santri biasa dilakukan di Pondok Pesantren oleh para santri.

Akan tetapi kali ini ada yang berbeda, Hari Santri 2021 dirayakan di Lapas Kelas IIA Karawang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved