Berita Karawang

Kejaksaan Karawang Musnahkan 65.626 Pil Terlarang dan Sabu 783 Gram Barang Bukti Kejahatan

Barang bukti yang dimusnahkan itu yang kasusnya sudah inkrah atau memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Kejaksaan Negeri Karawang melakukan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan sepanjang Juli sampai Oktober 2022. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Kejaksaan Negeri Karawang melakukan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan sepanjang Juli sampai Oktober 2022.

Barang bukti itu terdiri dari sabu-sabu, ganja, pil terlarang maupun senjata api rakitan dimusnahkan di halaman Kejaksaan Negeri Katawang, pada Senin (31/10/2022).

Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Martha Parulina Berliana mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan itu yang kasusnya sudah inkrah atau memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Dikatakannya, pemusnahan barang bukti adalah salah satu kegiatan yang merupakan tugas dan kewenangan jaksa sebagai jaksa eksekutor.

"Di mana kami harus mengeksekusi semua bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap. kegiatan-kegiatan ini tetap harus kami laksanakan sesuai dengan perintah undang-undang," kata Martha, pada Senin (31/10/2022).

BERITA VIDEO: KEJAKSAAN NEGERI KARAWANG LAUNCING RUMAH RESTORATIF JUSTICE DI DESA KARYAMULYA

Martha menuturkan, sejumlah barang bukti yang dimusnahkan diantaranya, sabu-sabu seberat 783 gram, ganja seberat 277 gram, obat kuning jenis MF sebanyak 63.000 butir, tramadol 2.464 butir.

Kemudian, alprazolam 209 butir, riklona 90 butir, ekstasi 72 butir, senjata api rakitan sebanyak tujuh pucuk, celurit atau katana dua buah, pisau empat buah, ponsel sebanyak 128 unit dan timbangan elektrik 21 buah

"Pemusnahan pil terlarang dibelender, narkotika dibakar, lalu bukti senjata api rakitan dan senjata tajam lainnya dimusnahkan dengan cara dipotong. Ada pun barang bukti lain seperti ratusan unit ponsel dihancurkan dengan cara dipalu," jelas dia.

Baca juga: Harga Emas Batangan Antam Di Bekasi, Senin Ini Masih Tetap Rp 939.000 Per Gram, Ini Rinciannya

Baca juga: SIM Keliling Karawang Senin, 31 Oktober 2022 di Pos Lantas Dawuan Cikampek Hingga Pukul 15.00

Martha menambahkan, barang bukti yang dimusnahkan itu didapatkan dari sekitar 200 kasus ditangani Kejaksaan Negeri Karawang.

Kasus-kasus itu yang berkaitan dengan undang-undang narkotika, undang-undang kesehatan, dan undang-undang darurat tentang penggunaan senjata api.

"Kegiatan pemusnahan akan terus dilakukan terhadap barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap," tandasnya.

Restorative Justice

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Negeri Karawang melakukan langkah restorative justice (RJ) terhadap tersangka kasus penadahan sepeda motor.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved