Berita Karawang

Pemkab Karawang Pastikan Relokasi Pedagang Pasar Rengasdengklok Dilanjutkan Sampai Tuntas

Terkait harga sewa lapak di Pasar Baru Proklamasi dan rencana permodalan, Pemkab akan memberikan alternatif untuk memberikan keringanan pedagang.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Pedagang Pasar Rengasdengklok kembali membangun lapak dagangannya di pinggir Jalan Raya Rengasdengklok, Kabupaten Karawang pada Senin (21/11/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat memastikan merelokasi pedagang Pasar Rengasdengklok ke Pasar Proklamasi terus dilanjutkan sampai tuntas.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Karawang, Acep Jamhuri kepada awak media pada Senin (28/11/2022).

Dia menyebut, terkait relokasi rencananya akan dilakukan pada Rabu (30/11/2022).

Itu juga sesuai petunjuk bupati, proses relokasi yang akan kembali dilakukan menyasar pada lapak pedagang yang berjualan di atas tanah milik Pemkab Karawang.

"Bagi yang belum setuju ya supaya berbenah, karena itu tanah milik Pemkab dan akan dimanfaatkan untuk kepentingan Pemda. Kami mengucapkan terima kasih kepada pedagang yang sudah mulai pindah ke pasar baru," ucapnya.

BERITA VIDEO: PEDAGANG PASAR RENGASDENGKLOK CURHAT KE SAAN MUSTOPA, 'KENAPA PEMKAB PINDAHKAN KAMI KE PASAR BARU'

Sekda menerangkan, perihal aspek harga penyewaan lapak di Pasar Baru Proklamasi dan rencana permodalan, Pemkab akan memberikan alternatif-alternatif untuk memberikan keringanan bagi para pedagang.

"Kita nanti akan menerjunkan Dinas Koperasi. Soal bagaimana skenario bantuan bantuan, nanti akan dibicarakan kembali supaya tidak salah," ujarnya.

Secara bertahap, kata Acep, Pemkab Karawanv juga masih terus melakukan upaya pembenahan fasiltas dan infrastruktur di Pasar Proklamasi. Sehingga tidak ada pedagang yang merasa dirugikan dengan proses relokasi tersebut.

Baca juga: UMK Kabupaten Bekasi 2023 Diperkirakan Naik Jadi Rp5,1 Juta

Baca juga: Ribuan Pesantren Ikuti Program OPOP Jabar 2022 di Kota Bekasi

"Kami berharap semua menyadari dan sepakat agar Rengasdengklok ke depan lebih tertib, indah dan bermartabat. Mudah mudahan ada keberkahan dan kebarokahan dibalik proses relokasi ini. Para pedagang lebih maju. Aspek legalitas juga ada," tutupnya.

Dilaporkan ke Ombudsman 

Sebelumnya diberitakan, pedagang Pasar Rengasdengklok melaporkan Pemerintah Kabupaten Karawang ke Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.

Laporan ini terkait dengan penertiban dan relokasi pedagang Pasar Rengasdengklok ke Pasar Baru Proklamasi.

Bahkan pihak Ombudsman RI sudah datang secara langsung ke Pasar Rengasdengklok bertemu para pedagang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved