Bencana Alam

Pemprov Jabar Gunakan Helikopter Kirim Bantuan ke Daerah Terisolir Gempa Bumi Cianjur

Bahkan dalam sehari bisa 10 kali pengiriman bisa dilakukan ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Warta Kota/Hironimus Rama
Kerusakan di Kampung Cisarua, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur akibat gempa bumi pada Senin (21/11/2022). Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya mengirim bantuan untuk para korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat terutama di daerah terpencil atau terisolir. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI UTARA --- Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya memberikan bantuan untuk para korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat terutama di daerah terpencil atau terisolir.

Agar mempermudah dan mempercepat proses pengiriman bantuan ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggunakan helikopter.

Bahkan dalam sehari bisa 10 kali pengiriman bisa dilakukan ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur.

"Yang terisolir kan kita bantu lewat helikopter, heli itu sehari sepuluh kali mendrop bantuan di desa-desa terpencil yang susah secara jalan darat," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (28/11/2022).

BERITA VIDEO : GEMPA CIANJUR, 21 RUMAH DI KAMPUNG KUTA HANCUR

Ridwan Kamil mengaku masih melakukan pendataan daerah-daerah terisolir atau terpencil yang menjadi lokasi korban gempa Cianjur Jawa Barat.

"Belum ada datanya kalau jumlah desa. Tapi kalau yang paling parah, karena pusat gempanya ada disitu,  total yang terdampak ada 18 Kecamatan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyiapkan platform digital Pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur) untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan logistik warga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang terdampak bencana gempa bumi.

Baca juga: 5.000 Paket Sembako untuk Korban Gempa Cianjur, Ketua Ponpes Yayasan Attaqwa: Kita Berangkatkan Tim

Ridwan Kamil berharap, Pisodapur dapat menjadi pusat data penyuplaian kebutuhan warga Cianjur sehingga penyaluran kebutuhan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran.

"Kita sedang siapkan pusat data, namanya Pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur). Nah, nanti data, foto bantuannya seperti apa termasuk kebutuhan logistik, kelebihan dan kekurangan apa saja nanti muncul di situ," kata Ridwan Kamil saat konferensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jumat (25/11/2022).

ASN Karawang donasikan Rp 295 juta untuk korban gempa

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang mengumpulkan uang pribadi hingga Rp 295 juta untuk didonasikan bagi korban gempa di Kabupaten Cianjur.

Selain uang tunai, Pemkab Karawang juga menerima bantuan Sembako dan obat-obatan dari sejumlah perusahaan.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan bantuan uang dan bahan pokok untuk korban gempa Cianjur merupakan donasi dari ASN Karawang dan sejumlah perusahaan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved