Berita Karawang

Industri Kendaraan Listrik di Karawang semakin Menggeliat, Realisasi Investasi Terus Bertambah

Kabupaten Karawang bisa menjadi pusat industri kendaraan listrik di Indonesia, karena realisasi investasi bidang industri itu terus bertambah.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/toyota.astra.co.id
Toyota Kijang Innova Zenix adalah mobil listrik buatan Indonesia, karena dibuat dan dirakit di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Kabuparen Karawang, Jawa Barat. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG -- Industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) semakin menggeliat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Hal ini terlihat dari bertambahnya realisasi investasi di bidang industri kendaraan listrik pada tahun 2022.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang, Eka Sanatha, menyatakan, realisasi industri kendaraan listrik berada di urutan pertama dalam investasi di Karawang pada triwulan 3 2022.

DPMPTSP Karawang, kata Eka, mencatat nilai total realisasi investasi industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain, termasuk kendaraan listrik, sebesar Rp2,003 triliun.

"Itu hanya pada triwulan 3 2022 investasi yang masuk industri kendaraan," kata Eka, pada Rabu (30/11/2022).

Komponen EV

Eka memaparkan bahwa di Karawang ada pabrik baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia, yang merupakan perusahaan konsorsium LG Energy Solution, Hyundai Mobis, Hyundai Motor Company, dan KIA Corporation, yang berlokasi di Karawang New Industrial City (KNIC).

Sebagaimana dilansir Kompas.com pada September lalu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan bahwa total nilai investasi LG Energy untuk industri sel baterai kendaraan listrik terintegrasi mencapai 9,8 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 142 triliun.

Dari total investasi tersebut, 1,1 miliar dolar AS atau sebesar Rp 15,6 triliun di antaranya akan digunakan untuk pengembangan pabrik baterai EV di KNIC.

Teranyar, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah meluncurkan kendaraan listrik buatan lokal, Kijang Innova Zenix. 

Kendaraan ini seluruhnya dirakit di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada peluncuran perdana Kijang Innova Zenix di PT TMMIN mengatakan, industri alat angkutan mengalami pertumbuhan signifikan sejak kuartal (Q)2- 2021 dan terus tumbuh hingga 10,26 persen pada Q3-2022.

Toyota Indonesia disebutkan telah mempersiapkan industri mobil listrik di Indonensia, salah satunya infrastruktur hingga rantai pasok industri pendukung.

Toyota juga menyiapkan investasi sekitar Rp 28,3 triliun sampai 5 tahun ke depan.

Halaman
12
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved