Berita Karawang

Industri Kendaraan Listrik Jadi Penyumbang Investasi Terbesar di Karawang

Jika ditotal dengan industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain nilai realisasi investasi mobil listrik sebesar Rp 2,003 triliun.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang Eka Sanatha saat menjelaskan investasi Karawang. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) menjadi penyumbang terbesar investasi di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang Eka Sanatha mengatakan, realisasi industri kendaraam listril menjadi urutan pertama dalam menyumbang realisasi investasi pada triwulan ketiga di Karawang.

DPMPTSP Karawang, kata Eka, mencatat jika ditotal dengan industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain nilai realisasi investasi mobil listrik sebesar Rp 2,003 triliun.

"Itu hanya pada triwulan ketiga 2022 investasi yang masuk pada kendaraan listrik," kata Eka, pada Rabu (30/11/2022).

Eka melanjutkan, di Karawang ada pabrik baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia yang merupakan perusahaan konsorsium LG Energy Solution, Hyundai Mobis, Hyundai Motor Company, dan KIA Corporation dengan pabrik berlokasi di Karawang New Industrial City (KNIC), Karawang.

BERITA VIDEO: PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN PEMBANGUNAN PABRIK BATERAI KENDARAAN LISTRIK DI KARAWANG

Terbaru PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah meluncurkan kendaraan listrik buatan lokal, di kawasan industri Karawang.

"Artinya industri kendaraan listrik akan tumbuh di Indonesia dengan pabriknya ada di Karawang," katanya.

Eka menambahkan, untuk urutan kedua ada industri kertas dan percetakan senilai Rp 1,96 triliun. Pada urutan ketiga ada jasa lainnya sebesar 1, 68 triliun.

Baca juga: Jadwal Layanan SIM Keliling Karawang, Rabu 30 November 2022, Berikut Lokasi dan Persyaratannya

Baca juga: Perpanjangan SIM Kabupaten Bekasi Rabu, 30 November 2022, di Dua Lokasi Satpas, Simak Syaratnya

Sedangkan realisasi investasi sepanjang Januari hingga September 2022 sejumlah Rp 25,31 triliun. Rinciannya 19, 16 triliun untuk penanaman modal asing (PMA) dan Rp 6,15 triliun untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN).

"Di triwulan ketiga 2022 Karawang diurutan pertama realisasi investasi di Jawa Barat menyalip Kabupaten Bekasi, yakni sebesar 10,4 triliun. Namun secara keseluruhan dari triwulan satu Karawang masih di urutan kedua setelah Kabupaten Bekasi," kata dia.

Realisasi Investasi Tertinggi

Sebelumnya diberitakan bahwa realisasi investasi di wilayah Kabupaten Karawang menjadi yang tertinggi se-Jawa Barat pada triwulan ketiga tahun 2022.

Kabupaten Karawang berada di urutan pertama dengan nilai investasi sebesar Rp 10,4 triliun, menyusul Kabupaten Bekasi Rp 7,85 triliun dan Kabupaten Bogor Rp 4,92 triliun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved