Berita Bekasi

Sebanyak 702 Calon PPK Kabupaten Bekasi Lolos Tes Administrasi Pemilu 2024

Diketahui Kabupaten Bekasi memiliki 23 kecamatan dan membutuhkan lima orang PPK yang bertugas di setiap kecamatan.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com/Rangga Baskoro
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin -- Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin mengatakan sebanyak 702 calon PPK dinyatakan lolos mengikuti seleksi administrasi. 

TRIBUNBEKASI.COM, KEDUNGWARINGIN --- Rangkaian proses persiapan Pemilu 2024 masih terus bergulir di tingkat kabupaten/kota, salah satunya di Kabupaten Bekasi.

Khusus di Kabupaten Bekasi, agenda yang saat ini akan diselenggarakan yakni seleksi panitia pemilihan kecamatan (PPK)

Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin mengatakan sebanyak 702 calon PPK dinyatakan lolos mengikuti seleksi administrasi.

"Seleksi administrasi kami gelar sejak 22 November hingga 1 Desember kemarin. Kemudian sudah ada 702 orang yang dinyatakan lolos," ucap Jajang saat dikonfirmasi, Sabtu (3/12/2022).

BERITA VIDEO : MEMBANGUN KESADARAN POLITIK KELAS PEKERJA

Tahapan selanjutnya yang akan dilakukan adalah menggelar tes tertulis dengan menggunakan sistem Computer Assign Test (CAT) pada 6-7 Desember di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Cikarang Utara.

Sesuai PKPU nomor 8 tahun 2022, peserta yang lolos seleksi tes tertulis diharuskan berjumlah dua kali lipat dari kebutuhan PPK di masing-masing kecamatan.

Diketahui Kabupaten Bekasi memiliki 23 kecamatan dan membutuhkan lima orang PPK yang bertugas di setiap kecamatan.

Baca juga: Bawaslu Karawang Ajak Masyarakat, Mahasiswa, dan Media Bantu Awasi Pelanggaran Tahapan Pilkada 2024

"Sehingga nanti satu kecamatan akan ada 10 orang calon PPK yang akan mengikuti tes terakhir, yaitu sesi wawancara. Totalnya berarti ada 230 orang calon yang nantinya lolos tes tertulis dan akan mengikuti tes wawancara," tuturnya.

Seiring dengan proses tersebut, KPUD Kabupaten Bekasi juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menyampaikan tanggapan dan masukan terhadap terpilihnya 702 calon PPK.

"Penyampaian dokumen masukan dan tanggapan masyarakat dapat disampaikan ke alamat email bekasihukumkpu@gmail.com atau mendatangi langsung ke kantor KPUD. Masukan akan kami tampung dari tanggal 2 sampai 10 Desember," ujarnya.  

Bebas dari unsur parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang memastikan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS) bebas dari unsur partai politik (parpol).

Pasalnya, bukan merupakan anggota partai politik menjadi syarat utama bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri menjadi petugas PPK maupun PPS untuk Pemilu 2024.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved