Timnas Indonesia

Kebugaran Fisik Personel Timnas Indonesia Kedodoran gara-gara Lama Tak Bertanding

Fokus utama pemusatan latihan Timnas Indonesia saat ini adalah mengembalikan kebugaran fisik pemain Timnas yang lama tak bertanding.

Editor: AC Pinkan Ulaan
PSSI
Fokus utama pemusatan latihan Timnas Indonesia saat ini adalah mengembalikan kebugaran fisik pemain Timnas, yang lama tak bertanding akibat vakumnya Liga 1 musim 2022/2023. Keterangan foto: Shin Sang-gyu (kanan depan) memimpin jogging skuad Timnas indonesia di Bali United Training Center. 

TRIBUNBEKASI.COM, GIANYAR -- Berhentinya kopetisi Liga 1 musim 2022/2023 selama 2 bulan membuat Shin Sang-gyu punya pekerjaan berat.

Shin Sang-gyu adalah Pelatih Fisik Timnas Indonesia, asisten Shin Tae-yong yang tugas utamanya menyiapkan kebugaran fisik personel Timnas Indonesia.

Sebagaimana dilansir laman PSSI, pria asal Korea Selatan menemukan bahwa kebugaran fisik Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sudah sangat kedodoran untuk standar kompetisi.

Hal ini imbas dari vakumnya Liga 1 2022/2023 selama 2 bulan.

Karena itu, fokus utama pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia saat ini adalah membangun kembali kebugaran fisik para pemain Timnas Indonesia, yang kendor gara-gara lama tidak bertanding.

Fisik dasar

"Memang kekuatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir, tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur," Shin Sang-gyu.

"Jadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin. Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain," tambahnya sebagaimana dikutip dari laman PSSI.

Asisten Pelatih Kepala Shin Tae-yong ini punya PR (pekerjaan rumah) cukup berat, yakni mengembalikan kebugaran standar kompetisi para pemain dalam waktu singkat.

"Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas. Kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina," katan Shin Sang-gyu lagi.

Motivasi

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membenarkan soal kondisi fisik pemain masih kedodoran, perlu peningkatan.

"Kita ketahui saat ini kondisi Liga 1 belum bergulir jadi pemusatan latihan Timnas Indonesia dimulai dari 28
November. Memang kondisi tersebut tidak ideal tetapi hal ini harus dijadikan motivasi untuk meraih hasil terbaik di ajang Piala AFF 2022 nanti," kata Iriawan.

"Kami harap pemain tetap fokus, disiplin dan terus berjuang maksimal selama pemusatan latihan di Bali. Apalagi tempat latihan di Bali (Bali United Training Center) lapangannya sangat bagus," tandasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved