Berita Karawang

Sungai Cibeet, Citarum, dan Cidawolong Meluap, Tiga Wilayah Desa di Karawang Terendam Banjir

"Hujan deras di wilayah hulu dan di beberapa wilayah kabupaten Karawang sehingga Meluapnya sungai Citarum, dan Cibeet, serta sungai Cidawolong,"

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Banjir di Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang pada Senin (5/12/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Banjir terjadi di titik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat akibat luapan air sungai pada Senin (5/12/2022).

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin, menjelaskan, akibat air kirimian yang meluap dari Sungai Cibeet, Citarum dan Cidawolong menyebabkan tiga desa di Karawang terendam banjir.

Tiga desa itu yakni Desa Karangligar dan Mekarmulya Kecamatan Telukjambe Barat, serta Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat.

"Hujan deras di wilayah hulu dan di beberapa wilayah kabupaten Karawang sehingga Meluapnya sungai Citarum, dan Cibeet, serta sungai Cidawolong," kata Yasin pada Senin (5/12/2022).

BERITA VIDEO : KOLONG JEMBATAN SAMPING APARTEMEN MUTIARA BANJIR

Dikatakan Yasin, akibat luapan aliran sungai menyebabkan 232 rumah warga terendam banjir, sejak Minggu, 4 Desember 2022 hingga Senin, 5 Desember 2022, dengan ketinggian air 10 - 120 CM.

Sebanyak 458 warga mengungsi ke mesjid, rumah tetangga dan sudaranya yang tidak terdampak banjir.

"Saat ini Satgas BPBD sudah melakukan assesment ke lokasi kejadian bersama Aparat Desa, Muspika, Babinsa AD, Binmaspol," katanya.

Baca juga: Banjir Rob Melanda Wilayah Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Ribuan Rumah Warga Terendam

Ia mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di dekat aliran ketiga sungai itu agar tetap waspada.

Pasalnya, curah hujan masih tinggi di daerah hulu sungai.

"Hati-hati jangan sampai lengah, amankan berkas penting dan keselamatan keluarga jika dirasa ketinggian air semakin tinggi. Petugas kami terus standby di lokasi," katanya. 

Marak bencana

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menguatkan komitmen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi pelayan rakyat. Hal itu diungkapkan Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat peringatan Maulid Nabi di kantor DPTP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan pada Ahad (4/12/2022).

“Saya ingin mengingatkan kepada diri saya dan juga struktur di PKS baik di DPP, DPW, DPD dan DPC sampai ke DPRa marilah kita menghidupkan upaya untuk menjadi pelayan-pelayan rakyat karena Rasulullah SAW sudah memerintahkan kita untuk menjadi Sayyidul qaum wa khadimuhum,” kata Syaikhu dalam sambutannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved