Berita Dakwah

Doa agar Terhindar dari Orang-orang yang Zalim, Ini Penjelasan Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Ustaz Syafiq Riza Basalamah ungkap cara agar terhindar dari orang-orang yang zalim yakni dengan membaca doa agar terhindar dari orang-orang yang zalim

Penulis: Panji Baskhara | Editor: Panji Baskhara
Instagram @syafiqrizabasalamah_official
Ustaz Syafiq Riza Basalamah ungkap cara agar terhindar dari orang-orang yang zalim yakni dengan membaca doa agar terhindar dari orang-orang yang zalim 

TRIBUNBEKASI.COM - Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengungkap cara agar terhindar dari orang-orang yang zalim.

Ternyata, ada sebuah doa agar agar terhindar dari orang-orang yang zalim tersebut.

Doa terhindar dari orang zalim tersebut dibeberkan Ustaz Syafiq Riza Basalamah di akun Instagram @syafiqrizabasalamah_official.

Mengutip Wikipedia, Zalim (Arab: ظلم, Dzholim) dalam ajaran Islam adalah meletakkan sesuatu/ perkara bukan pada tempatnya.

Baca juga: Bacaan Zikir Setelah Salat Subuh dan Maghrib, Apa Manfaatnya? Ini Kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Baca juga: Ustaz Syafiq Riza Basalamah Sebut Dua Kalimat Ini Bila Diucapkan Bikin Timbangan Kebaikan Jadi Berat

Orang yang berbuat zalim disebut zalimin dan lawan kata dari zalim adalah adil.

Kata zalim berasal dari bahasa Arab, dengan huruf “dzho lam mim” (ظ ل م ) yang bermaksud gelap.

Di dalam al-Quran menggunakan kata zhulm selain itu juga digunakan kata baghy, yang artinya juga sama dengan zalim yaitu melanggar hak orang lain.

Namun pengertian zalim lebih luas maknanya ketimbang baghyu, tergantung kalimat yang disandarkannya. Kezaliman itu memiliki berbagai bentuk di antaranya adalah syirik.

Kalimat zalim bisa juga digunakan untuk melambangkan sifat kejam, bengis, tidak berperikemanusiaan, suka melihat orang dalam penderitaan dan kesengsaraan, melakukan kemungkaran, penganiayaan, kemusnahan harta benda, ketidakadilan, dan banyak lagi pengertian yang dapat diambil dari sifat zalim tersebut, yang mana pada dasarnya sifat ini merupakan sifat yang keji dan hina, dan sangat bertentangan dengan akhlak dan fitrah manusia, yang seharusnya menggunakan akal untuk melakukan kebaikan.

Menurut syariat Islam, orang yang tidak berbuat zalim bisa saja terkena siksaan, keyakinan ini berdasarkan dalam salah satu ayat. Allah berfirman:

...dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya." (Al-Anfaal 8:25)

Ayat tersebut berisi peringatan untuk berhati-hati (hadzr) akan azab yang tidak hanya menimpa yang zalim saja, tetapi menimpa secara umum baik yang zalim maupun yang tidak zalim.

Halaman
12

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved