Berita daerah

Astra Tol Cipali Prediksi Lonjakan Volume Kendaraan saat Libur Nataru, Siapkan Rest Area Darurat

Astra Tol Cipali telah menyiapkan sejumlah protokol untuk menghadapi lonjakan volumen kendara selama liburan Nataru nanti.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Volume kendaraan di jalan Tol Cipali diperkirakan melonjak pada masa libur Nataru besok. Keterangan foto: (ilustrasi) 

TRIBUNBEKASI.COM, SUBANG -- Jumlah kendaraan yang melintasi jalan Tol Cipali diperkirakan akan melonjak saat masa liburan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Karena itu pihak Astra Tol Cipali, selaku pengelola jalan Tol Cipali, sudah bersiap diri menghadapi lonjakan itu.

Salah satunya dengan menyediakan kantong-kantong rest area di sejumlah gerbang tol.

Sebagaimana diwartakan Tribun Jabar, Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo, memperkirakan volume lalu lintas di ruas Tol Cipali pada akhir tahun nanti bakal meningkat dibandingkan hari biasa.

Dia memprediksi terjadi peningkatan 5 persen dibanding masa liburan Nataru tahun lalu.

Rest area

Dalam kondisi itu, rest area akan menjadi fokus utama dalam mengurai kepadatan di ruas tol, yang membentang dari Cikopo Kabupaten Purwakarta sampai ke Palimanan Kabupaten Cirebon di Provinsi Jawa Barat.

"Kami sudah siap melakukan koordinasi dan caranya sama, yaitu poin yang paling kami garis bawahi adalah rest area. Diskresi kepolisian akan menutup rest area jika penuh, dan menginformasikan (kepada) pengguna jalan bisa menggunakan gate-gate terdekat untuk beristirahat," ujar Agung saat diwawancarai di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (13/12).

Cegah pindah jalur

Selain itu, pihaknya juga akan mengantisipasi banyaknya pengguna jalan yang berpindah jalur secara tak beraturan, sehingga membahayakan pengguna jalan lain.

Karena itu pihaknya akan memperketat pengawasan dengan menempatkan petugas di banyak lokasi.

"Yang kedua, kami evaluasi dari tahun lalu maka kita akan memperketat putaran petugas. Karena tahun lalu ketika one way banyak pengguna jalan yang berpindah jalur karena enggak sabar. Itu berbahaya. Nah ini yang kita antisipasi," ucap Agung.

Perbaikan

Demi kenyamanan pengguna jalan Tol Cipali, pihak Astra Tol Cipali saat ini tengah memperbaiki bagian jalan yang dianggap membahayakan.

Perbaikan jalan itu akan dikebut sehingga selesai pada H-3 Natal, atau pada tanggal 22 Desember 2022.

"Untuk perbaikan kami sudah merencanakan, kami akan selesaikan sampai 22 Desember. Harapannya 18 Desember sudah selesai semua," tandas Agung. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Rest Area Tol Cipali Bakal Ditutup Kalau Sudah Penuh di Momen Libur Natal dan Tahun Baru"

Baca berita Tribunbekasi.com lainnya di Google News

Sumber: TribunJabar.id
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved