Berita Nasional

WHO Sebut Indonesia Telah Melewati Pandemi Covid-19, Jokowi Janjikan Keppres Penghentian PSBB-PPKM

Presiden Jokowi janjikan Keppres penghentian PSBB-PPKM minggu ini, mengingat Indonesia disebut WHO sudah melewati masa pandemi Covid-19.

Editor: Panji Baskhara
setkab.go.id
Presiden Jokowi janjikan Keppres penghentian PSBB-PPKM minggu ini, mengingat Indonesia disebut WHO sudah melewati masa pandemi Covid-19. Foto: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi 

TRIBUNBEKASI.COM - Organisasi kesehatan dunia, WHO sebut Indonesia telah berhasil melewati masa pandemi Covid-19.

Maka saat ini, Indonesia telah memasuki masa endemi Covid-19.

Maka itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) janjikan Keputusan Presiden atau Keppres penghentian pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Diketahui, Keppres penghentian PSBB-PPKM ini akan diterbitkan Presiden Jokowi pada minggu ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Menopang Perekonomian Indonesia saat Pandemi Covid-19 Melanda? Ini Kata Erick Thohir

Baca juga: Tertunda Dua Tahun Dampak Pandemi Covid-19, Kegiatan AOTCA 2022 Resmi Dibuka di Nusa Dua Bali

Baca juga: Kementerian BUMN dan Kemenko Marves Apresiasi Pahlawan Pandemi Covid-19, Siapa Saja?

Hingga saat ini, kata Jokowi, masih menunggu kajian terkait penghentian PSSB dan PPKM dari Kementerian Koordinator (Kemenko) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Masih menunggu kajian dan kalkulasi dari Kemenko maupun Kementerian Kesehatan dan saya memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai meja saya"

"Sehingga bisa saya siapkan Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB dan PPKM," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Pada kesempatan yang sama, Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto mengungkap, kasus harian Covid-19 di Indonesia selama satu tahun dalam grafik landai.

Menurut organisasi kesehatan dunia, WHO, Airlangga akui Indonesia telah melewati masa pandemi dan memasuki masa endemi.

"Artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan. Artinya secara negara sebetulnya pandeminya sudah berubah menjadi endemi," tuturnya.

Hal ini, kata Airlangga, didukung pula dengan kasus harian Covid-19 di Indonesia yang terus menurun hingga dibawah 2.000 kasus positif per harinya.

Sebelumnya, Jokowi juga telah menyinggung penghentian PSBB-PPKM akan dilakukan pada akhir tahun.

"Mungkin nanti akhir tahun, kita akan menyatakan PPKM berhenti," ujarnya dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu pagi.

Jokowi pun mengingat kembali masa tersulit Indonesia mengendalikan kasus Covid-19 adalah saat varian Delta sampai ke Tanah Air.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved