Piala AFF

Polisi Kerahkan 3.500 Personel dari Polri dan TNI untuk Pengamanan Pertandingan Indonesia vs Vietnam

Untuk mengamanankan pertandingan sepak bola Indonesia vs Vietnam, sejak sebelum sampai seusai pertandingan.

Penulis: Nuri Yatul Hikmah | Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Nuriyatul Hikmah
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, menyatakan pihaknya mengerahkan 3.500 personel untuk kegiatan pengamanan pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di Syadion Utama Gelora Bung Karnon (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA PUSAT – Pertandingan leg 1 babak Semifinal Piala AFF 2022, yang mempertemukan Timnas Indonesia dengan Vietnam, akan digelar pada Jumat (6/1) sore.

Laga ini baru akan kick-off pada pukul 16.30, tapi atmosfer panasnya sudah terasa sejak beberapa hari sebelumnya.

Maka untuk mencegah hal-hal buruk terkait masalah keamanan dan keselamatan, sebanyak 3.500 personel gabungan TNI-Polri, dikerahkan untuk mengamankan pertandingan leg 1 Semifinal Piala AFF 2022, antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, jumlah personel tersebut ditetapkan berdasarkan rapat koordinasi bersama pihak Komando Distrik Militer 0501 Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya, dan panitia penyelenggara dari AFF.

"Sementara dari hasil rapat koordinasi tadi sekitar 3.500 personel diterjunkan untuk mengamankan piala AFF nanti, dengan agenda Indonesia berhadapan dengan Vietnam," ujar Komarudin di Stadion GBK, Rabu (4/1).

Belajar

Ditambahkan Komarudin, dalam pertandingan nanti sore level pengamanan lebih ditingkatkan lagi mengingat pada pertandingan Timnas sebelumnya di SUGBK, Indonesia vs Thailand, terjadi sejumlah peristiwa yang memicu keributan, baik sebelum maupun sesudah pertandingan.

Seperti pelemparan baru ke kaca bus suporter Thailand, dan aksi suporter yang naik ke atas stand mic hingga berujung baku hantam.

"Ada beberapa evaluasi yang kami lakukan dari konsep pengamanan sebelumnya, ada beberapa perubahan yang kami lakukan," kata Komarudin.

"Itu tentunya harus kami konsepkan dengan sebuah konsep pengamanan, agar aktivitas bisa berjalan dengan tertib, aman, dan lancar," sambungnya.

Lebih lanjut, Komarudin memastikan bahwa sia sudah mengevaluasi apa yang menjadi temuan pertandingan sebelumnya.

"Kami harapkan bahwa ke depan, setiap pergelaran olahraga, aktivitas olahraga, tentunya bisa berjalan tertib, profesional, dan lebih baik lagi," ujarnya.

Komarudin menambahkan, pada pertandingan kali ini panitia menyatakan sekitar 55.000 suporter akan datang ke GBK untuk menyemangati tim kebanggaannya.

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved