Berita Bekasi

Bawaslu Kabupaten Bekasi Buka Rekrutmen Panwaslu Tingkat Desa dan Kelurahan, Ini Tugas-tugasnya

Bawaslu Kabupaten Bekasi buka rekrutment Panwaslu tingkat desa dan Kelurahan.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Panji Baskhara
Pexels.com/Tara Winstead
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi membuka perekrutan anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) untuk tingkat desa dan Kelurahan. Ilustrasi: Pemilihan Umum (Pemilu) 

TRIBUNBEKASI.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi membuka perekrutan anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) untuk tingkat desa dan Kelurahan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri mengatakan pihaknya sudah melaksanakan tahapan, rekrutmen Panwaslu desa dan kelurahan.

Proses rekrutmen Panwaslu desa dan kelurahan dilaksanakan oleh Panwaslu kecamatan.

"Sedang berlangsung dan saat ini tahapan pengumuman pendaftaran calon PKD (Panwaslu Kelurahan dan Desa) dari 9-13 Januari 2023, selanjutnya pendaftaran dimulai tgl 14-19 Januari 2023," ujar Syaifu dikonfirmasi, Kamis (12/1/2023).

Lebih lanjut, pengawas di tingkat desa dan kelurahan, untuk persiapan menghadapi Pemilukada 2024.

Setiap desa nantinya akan memiliki satu orang perwakilan Panwaslu. 

Tugas wewenang Panwaslu desa dan kelurahan sebagaimana disebutkan dalam UU No.7 tahun 2017.

Yakni ikut mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah desa dan kelurahan, mencegah terjadinya praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut dalam kampanye di kelurahan dan desa.

"Jumlah Panwaslu kelurahan/desa satu orang. Panwas tingkat desa bertugas mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih, berdasarkan data kependudukan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan daftar pemilih hasil perbaikan di tingkat desa dan kelurahan," tuturnya.

(TribunBekasi.com/ABS)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved