Berita Karawang

Hotel-hotel di Kabupaten Karawang Wajib Hadirkan Produk UMKM dan Ekraf, PHRI: Kita Maksimalkan

Dihadirkannya produk UMKM dan Ekraf di sejumlah hotel di Kabupaten Karawang dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Panji Baskhara
shutterstock via Kompas.com
Sejumlah hotel yang berdiri di Kabupaten Karawang diwajibkan menghadirkan produk UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf). Foto Ilustrasi: Hotel 

TRIBUNBEKASI.COM - Hotel-hotel yang berdiri di Kabupaten Karawang diwajibkan menghadirkan produk UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Dihadirkannya produk UMKM dan Ekraf di sejumlah hotel di Kabupaten Karawang dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, seusai sosialisasi impelentasi UMKM pada seluruh hotel di Lantai 3 Gedung Singaperbangsa, Kamis (12/1/2023).

Aep Syaepuloh menerangkan, setelah dicabut PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat) oleh pemerintah tentunya hal ini akan meningkatkan kembali okupansi hotel.

Maka, tentu hal ini juga harus dibarengi dengan mendukung kemajuan produk UMKM dan Ekraf asal Kabupaten Karawang.

"Bahwa sekarang ini PPKM sudah cabut, jadi bagiamana kami untuk meningkatkan UMKM dan Ekraf tadi. Dimana dari teman-teman PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Karawang tentunya ada beberapa hotel di Karawang," kata Aep Syaepuloh.

Terkait menghadirkan produk UMKM di hotel, kata Aep Syaepuloh, bisa memiliki beragam cara.

Mulai disediakan di kamar hotel, di etalase depan lobi hotel ataupun resepsionis saat cek in atau cek out.

"Jadi keinginan kami pemda bisa masuk kalau tidak di kamar. Tapi kalau enggak ya ga apa-apa, asalkan pas cek in atau cek out produk UMKM diberikan terhadap konsumen dan harus sudah include dengan harga kamar. Termasuk juga produk ekraf seperti gantungan kunci, tas dan lainnya," ungkapnya.

Perwakilan PHRI Karawang, Dinah Puja Astuti menyambut positif hal tersebut.

Pihaknya berkomitmen untuk mendukung produk UMKM dan Ekraf Karawang.

"Sejak lama kita mendukung kehadiran produk UMKM. Sudah ada beberapa hotel yang ada. Nanti kita maksimalkan dengan seluruh hotel wajib yang ada di Karawang," katanya.

Dia menambahkan, ada 14 hotel di Karawang anggota PHRI.

Adanya kerjasama ini diharapkan dalam meningkatkan geliat UMKM di Karawang.

"Kami sangat memsupport sekali, sejak sebelum pademi sebetulnya. Tapi hanya saja komitmennya belum semengikat ini. Tentu kami sambut baik untuk hadirkan produk UMKM di hotel-hotel," tandasnya.

(TribunBekasi.com/MAZ)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved