Berita Kriminal

Modus Pura-pura Buta, Pasangan Pengemis Terjaring Razia, Mengaku Dapat Uang Ratusan Ribu per Hari

Sebab AA dan ML, merasa masyarakat yang memberinya uang pun juga atas dasar belas kasihan dengan melihat kondisi tunanetra.

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
AA dan ML ketika dijumpai petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Timur, pada Rabu (18/1/2033) untuk dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II Cipayung.   

TRIBUNBEKASI.COM --- Berlagak sebagai seorang pengemis tunanetra, seorang pria berinisial AA (57) bersama rekan perempuan berinisial ML (44), diamankan Tim Reaksi Cepat (TRC) Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Timur, pada Rabu (18/1/2033).

Dihadapan petugas, AA dan ML mengaku berpura-pura menjadi seorang pengemis tunanetra agar bisa meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak dibanding mengemis biasa.

Sebab AA dan ML merasa masyarakat yang memberi uang juga atas dasar belas kasihan dengan melihat kondisi mereka yang berpua-pura sebagai tunanetra.

"Sebelum dia berpura-pura buta, penghasilan mengemisnya sedikit, dengan pura pura buta lebih banyak," kata Komandan Regu Tim Reaksi Cepat P3S Sudin Sosial Jakarta Timur, Kurniawan Muhammad, Jumat (20/1/2023) dinihari.

BERITA VIDEO : MANUSIA SILVER NEKAT CURI HP MILIK WARGA

Dibuktikan dengan penghasilan yang kerap didapat per hari mencapai ratusan ribu rupiah.

"Penghasilan mencapai Rp 300 ribu - Rp 450 ribu, untuk per hari," jelas Kurniawan.

AA dan ML mengaku sudah menjalankan aksi sebagai pengemis dengan menjadi tunanetra sejak Juni 2022 lalu.

Baca juga: Viral, Gara-gara Menolak Berbagi Rezeki dengan Pengemis, Wanita Ini Alami Kejadian tak Mengenakan

Namun sebelum Juni 2022, mereka hanya mengemis tanpa berkedok menjadi tunanetra.

"Pengakuan dari AA, beliau sudah menjalankan mengemis itu sejak tujuh bulan mengaku buta, tapi sebelumnya udah mengemis, dia muter, dan kebetulan tadi lagi melintas di Jakarta Timur, dan kita bawa ke panti sosial," imbuhnya.

Atas perbuatannya tersebut, AA dan ML kini diberikan pembinaan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya II Cipayung, Jakarta Timur.

Kronologi Ditemukan AA dan ML oleh Petugas

Perlu diketahui, AA dan ML ditemukan petugas TRC P3S Sudin Sosial ketika melakukan patroli di wilayah Jakarta Timur.

Ketika hendak melintasi kawasan Halim, petugas melibat AA yang berpura-pura buta dituntun berjalan oleh ML tengah mengemis.

Halaman
12
Sumber: Wartakota

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved