Berita Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir Berharap Jalan Tol Trans Sumatera Munculkan Pertumbuhan Ekonomi Baru

Menteri BUMN Erick Thohir harap, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera akan memunculkan pertumbuhan ekonomi baru.

Editor: Panji Baskhara
DOK. bumn.go.id
Menteri BUMN Erick Thohir harap, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera akan memunculkan pertumbuhan ekonomi baru. Foto: Menteri BUMN Erick Thohir. 

TRIBUNBEKASI.COM - Menteri BUMN Erick Thohir harap, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera akan memunculkan pertumbuhan ekonomi baru.

Menurut Erick Thohir, menyambungkan jalur Sumatera, dari ujung Aceh hingga Lampung merupakan mimpi besarnya bersama warga setempat.

"Harapannya, bisa muncul pertumbuhan ekonomi baru di wilayah-wilayah yang dilewati tersebut" ujar Erick Thohir di keterangannya, Senin, (23/1/2023).

Sejak awal Erick Thohir fokus dalam menerjemahkan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam meningkatkan infrastruktur.

Baik itu seperti jalan tol Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menurut Erick Thohir, infrastruktur memegang peranan penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

"Presiden (Jokowi) begitu peduli dengan hal ini, kalau kita lihat, biaya logistik Indonesia masih cukup tinggi mencapai 23 persen atau lebih tinggi dari rata-rata dunia yang sebesar 13 persen," kata Erick Thohir.

Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini mengatakan kemajuan progres infrastruktur tentu buah dari sinergisitas banyak pihak, termasuk Kementerian PUPR.

Secara intens, Erick Thohir berkomunikasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam mengawal progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) menargetkan lima ruas JTTS rampung pada tahun ini.

Diantaranya Tol Simpang Indralaya - Muara Enim, Indrapura - Kisaran, Binjai - Langsa, Sigli - Banda Aceh, dan Tol Pekanbaru - Padang.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyebut, keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan yakni rata-rata di atas 50 persen.

Saat ini Hutama Karya telah bangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang kurang lebih 1.064 km dengan 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol operasi.

Hadirnya Jalan Tol Trans Sumatera merupakan sarana bagi pertumbuhan perekonomian makro dan mikro di Sumatera.

Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan perekonomian yang merata.

Adapun strategi Hutama Karya dalam percepatan penyelesaian ruas ini dengan penggunaan teknologi dan digitalisasi konstruksi guna tepat mutu dan waktu. (*)

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved